Selasa 29 Aug 2023 18:06 WIB

Tak Percaya MIND ID Bakal Jadi Pemegang Terbesar Saham Vale, DPR: Itu Kamuflase!

Kepemilikan saham di Indonesia menjadi sebesar 54,56 persen.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Lida Puspaningtyas
BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID berhasil naik peringkat dalam daftar terbaru 100 perusahaan terbesar di Indonesia atau Fortune Indonesia 100.
Foto: MIND ID
BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID berhasil naik peringkat dalam daftar terbaru 100 perusahaan terbesar di Indonesia atau Fortune Indonesia 100.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Vale Indonesia, Tbk tengah dalam proses divestasi saham ke tangan Indonesia melalui BUMN Holding Tambang MIND ID. Adapun divestasi saham yang diajukan sebesar 14 persen kepada MIND ID yang sebelumnya telah memegang kepemilikan saham sebanyak 20 persen.

Diketahui saat ini, Indonesia memegang kepemilikan saham di PT Vale Indonesia, Tbk sebesar 40,46 persen. Itu terdiri dari 20,46 persen saham melalui Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1999 dan 20 persen melalui MIND ID mulai tahun 2020 melalui pengalihan saham milik Vale Canada Limited dan Sumitomo Metal Mining Co Ltd.

Jika nantinya, divestasi saham 14 persen rampung, maka MIND ID bakal memiliki saham di PT Vale Indonesia, Tbk sebesar 34 persen. Dengan kata lain, kepemilikan saham di Indonesia menjadi sebesar 54,56 persen atau mayoritas.

Namun, Wakil Ketua Komisi VII DPR Bambang Haryadi, mengungkapkan, kepemilikan Indonesia melalui bursa saham sebesar 20,46 persen nyatanya tidak murni dimiliki oleh Indonesia.