Rabu 30 Aug 2023 07:45 WIB

Dari Sushi Hingga Ramen, Ini Dia Rahasia Sehat Makanan Jepang

Ciri khas masakan Jepang adalah penggunaan bahan makanan yang segar dan berkualitas.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Salah satu ciri khas yang membuat masakan Jepang berbeda dan unik adalah kehadiran rasa umami, yang memberikan sensasi rasa mendalam dan nikmat./ilustrasi
Foto: Republika/Umi Nur Fadhilah
Salah satu ciri khas yang membuat masakan Jepang berbeda dan unik adalah kehadiran rasa umami, yang memberikan sensasi rasa mendalam dan nikmat./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Sushi, udon, ramen, hingga yakitori adalah beberapa masakan atau kuliner Jepang yang melegenda. Anda pasti pernah mencicipi salah satunya, kan? 

Ciri khas dari masakan Jepang adalah penggunaan bahan makanan yang segar dan berkualitas. Tak heran, pola makan atau diet masakan Jepang semakin populer, tidak kalah populer dengan pola makan atau diet Mediterania. Kedua pola makan ini dianggap sebagai pola makan terbaik untuk kesehatan.

Baca Juga

Salah satu ciri khas yang membuat masakan Jepang berbeda dan unik adalah kehadiran rasa umami, yang memberikan sensasi rasa mendalam dan nikmat. Rasa ini berbeda dari empat rasa lainnya seperti manis, asam, asin dan pahit.

Umami sering dihubungkan dengan penggunaan monosodium glutamat (MSG). Namun, banyak orang tidak tahu bahwa asam glutamat pertama kali diperoleh dari rumput laut kombu. Sensasi umami berikutnya yang melengkapi profil rasa gurih berasal dari ditemukannya inosine monophosphate (IMP) dan guanosine monophosphate (GMP), kedua peptida yang berasal dari ikan laut dalam dan rumput laut. Selain menambah dan melengkapi cita rasa, senyawa alami ini juga bermanfaat bagi kesehatan.