Rabu 30 Aug 2023 06:53 WIB

Mau Umrah Mandiri tanpa Biro Travel? Ini Syaratnya

Melakukan umroh mandiri akan jauh berbeda dibandingkan dengan wisata biasa.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada plus dan minus melakukan umroh tanpa biro wisata.
Foto: Republika/Prayogi.
Ada plus dan minus melakukan umroh tanpa biro wisata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjalankan ibadah umrah telah menjadi impian bagi tiap Muslim. Namun, banyak dari Muslim yang masih belum bisa mewujudkannya karena sejumlah hal, seperti masalah biaya. Bagi sebagian orang, cara lain yang dilakukan adalah melakukan umrah tanpa travel agent atau biro wisata. 

Kreator konten dan traveler Danang Giri Sadewa membagikan sejumlah tip bagi kalian yang berminat melakukan umrah mandiri atau tanpa biro wisata. Menurut Danang, umroh mandiri lebih cocok bagi mereka yang sudah punya pengalaman keluar negeri setidaknya sekali. Sebab, melakukan umrah mandiri akan jauh berbeda dibandingkan dengan wisata biasa.

Baca Juga

"Kalau ke Malaysia, Singapura, atau Eropa itu secara transportasi sudah mudah ya. Maksudnya kita datang ke sana, pakai Google Maps sudah ada banyak pilihan transportasi umum, seperti bus, subway, kereta, dan sebagainya. Tapi kalau di Arab Saudi berbeda kondisinya," kata Danang kepada Republika.co.id, Selasa (29/8/2023).

Di Saudi, lanjut dia, rata-rata penduduknya menggunakan taksi dan minim transportasi publik. Ada bus tapi itu hanya diperuntukkan untuk rombongan. Paling tidak kalau untuk sendiri, harus bisa "nawar" pakai bahasa Arab.