Rabu 30 Aug 2023 23:35 WIB

Makanan dan Mainan Populer di Ulang Tahun Anak yang Dianggap 'Berbahaya'

Mainan dan makanan yang disukai oleh anak-anak belum tentu aman.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Lolipop (ilustrasi). Mainan dan makanan yang disukai oleh anak-anak belum tentu aman.
Foto: Dok www.freepik.com
Lolipop (ilustrasi). Mainan dan makanan yang disukai oleh anak-anak belum tentu aman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat menggelar pesta ulang tahun untuk anak, orang tua tentu ingin menghadirkan beragam mainan hingga makanan yang disenangi oleh anak-anak. Akan tetapi, mainan dan makanan yang disukai oleh anak-anak belum tentu aman bagi mereka.

Menurut tim perawat anak dari CPR Kids, ada beberapa jenis mainan dan makanan yang berisiko membuat anak tersedak. Ironisnya, mainan dan makanan ini kerap dihadirkan dalam pesta ulang tahun anak-anak.

Baca Juga

Meski populer, tim CPR Kids menganjurkan orang tua untuk tidak menghadirkan ragam mainan dan makanan yang bisa membuat anak tersedak di pesta ulang tahun. Berikut ini adalah sembilan mainan dan makanan yang perlu dijauhi dari pesta ulang tahun anak, seperti dilansir The Sun pada Rabu (30/8/2023):

1. Lolipop dan permen yang keras

2. Marshmallow

3. Popcorn

4. Sosis

5. Anggur

6. Bola bekel

7. Balon yang belum ditiup

8. Mainan yang memiliki bagian-bagian berukuran kecil

9. Semua alat atau mainan yang menggunakan baterai bulat seperti kancing

Tim dari CPR Kids sangat menganjurkan orang tua untuk menjauhi marshmallow dan popcorn dari anak kecil, dalam kondisi apa pun. Alasannya, ukuran dan tekstur dari kedua makanan ini bisa membuat anak tersedak dengan mudah.

Sedangkan untuk anggur dan sosis, tim CPR Kids menilai kedua makanan ini sebenarnya dapat dihidangkan kepada anak-anak selama penyajiannya tepat. Menurut tim CPR Kids, buah anggur harus dipotong menjadi empat bagian sebelum diberikan kepada anak-anak.

Sosis juga perlu dipotong memanjang menjadi empat bagian sebelum dihidangkan untuk anak-anak. Jangan memotong sosis secara horizontal hingga membentuk seperti koin atau tabung. Dengan potongan seperti koin atau tabung, sosis bisa menutup seluruh jalan napas anak bila mereka tersedak.

Ragam benda seperti bola bekel, balon yang belum ditiup, hingga mainan kecil dan mainan berbaterai kancing memang dapat memeriahkan suasana pesta ulang tahun. Akan tetapi, beragam benda ini memiliki ukuran yang kecil dan bisa membuat anak lebih berisiko mengalami tersedak.

Pertolongan bila anak tersedak

Bila anak mengalami tersedak, orang dewasa di sekitarnya perlu bertindak dengan cepat. Bila anak terlihat batuk, bantu anak untuk terus batuk hingga mainan atau makanan yang membuat mereka tersedak keluar. Jangan pernah tinggalkan anak saat peristiwa ini terjadi.

Namun bila batuk anak tidak bersuara, anak tidak bisa bernapas dengan baik, atau anak tidak menunjukkan reaksi apa pun, segera cari bantuan. Selain itu, lakukan back blows dan cara mencondongkan tubuh anak lalu berikan pukulan yang tajam di punggung, tepatnya di antara kedua tulang belikat.

Cek kondisi mulut anak secara berkala. Periksa keberadaan benda atau makanan yang mungkin bisa diambil dengan jari dari mulut anak.

Cara lainnya adalah berdiri di belakang anak, lalu lingkarkan kedua lengan di sekitar pinggang anak. Kepalkan salah satu tangan dan posisikan kedua tangan di antara pusar dan bawah dada anak.

Selanjutnya, tekan kedua tangan ke arah dalam dan atas secara tajam. Lakukan gerakan menekan area perut anak ini selama lima kali. Cek mulut anak setiap selesai melakukannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement