Kamis 31 Aug 2023 15:28 WIB

Presiden Jokowi Puji UMKM yang Dukung Hilirisasi Industri

Praktik hilirisasi industri diharapkan bisa ditiru oleh UMKM di Indonesia.

Red: Friska Yolandha
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memuji usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ikut mendukung hilirisasi industri.
Foto: Antara
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memuji usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ikut mendukung hilirisasi industri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memuji usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ikut mendukung hilirisasi industri. Praktik hilirisasi industri diharapkan bisa ditiru oleh UMKM di Indonesia.

“Hilirisasi itu bukan hanya untuk (industri) yang besar-besar saja… bukan urusan nikel atau tambang tembaga saja, bahkan yang UKM pun kita harus hilirisasikan semua produk yang masih mentah,” kata Presiden Jokowi dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional XVIII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 2023 di Tangerang, Banten, Kamis (31/8/2023).

Baca Juga

Presiden mencontohkan salah satu UMKM anggota Hipmi Banten yang memproduksi kopi bubuk kemasan serta gula semut lokal dari provinsi tersebut. “Ini kopi alami yang tanaman kopinya ada di Banten, saya lihat bagus sekali setelah (kopi) di-roasting kemudian masuk packaging seperti ini. Ini bagus sekali, brand 'Haji Rocker Coffee' ini bagus sekali,” ujar Jokowi.

Presiden berharap praktik hilirisasi industri bisa diikuti oleh UMKM di daerah-daerah lain di Indonesia, dengan dimotori oleh para pengusaha muda yang kreatif dan inovatif.

“Jangan sekali-kali kita lanjutkan ekspor dalam bentuk biji (kopi) mentahan, tetapi buat seperti ini (produk olahan). Kuasai pasar di dalam negeri, begitu kita siap (dengan industri olahan) baru diekspor semua,” tutur dia.

Selain kopi, Presiden Jokowi menginginkan hilirisasi untuk komoditas lain seperti rumput laut dan kelapa sawit. Dia menegaskan bahwa hilirisasi tidak hanya penting dilakukan untuk menambah nilai jual, tetapi juga untuk membuka lebih banyak lapangan pekerjaan, yang  kemudian akan meningkatkan penerimaan negara.

Melalui hilirisasi industri, kata Presiden, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memperkirakan pendapatan per kapita penduduk Indonesia akan meningkat menjadi 10.900 dolar AS pada 2033 dan mencapai 25.000 dolar AS pada 2045. “Inilah tujuan kita, tidak hanya visi besar (2045) tetapi kita harus memiliki visi taktis,” ujar Jokowi.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَا تَزِرُ وَازِرَةٌ وِّزْرَ اُخْرٰى ۗوَاِنْ تَدْعُ مُثْقَلَةٌ اِلٰى حِمْلِهَا لَا يُحْمَلْ مِنْهُ شَيْءٌ وَّلَوْ كَانَ ذَا قُرْبٰىۗ اِنَّمَا تُنْذِرُ الَّذِيْنَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ بِالْغَيْبِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ ۗوَمَنْ تَزَكّٰى فَاِنَّمَا يَتَزَكّٰى لِنَفْسِهٖ ۗوَاِلَى اللّٰهِ الْمَصِيْرُ
Dan orang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain. Dan jika seseorang yang dibebani berat dosanya memanggil (orang lain) untuk memikul bebannya itu tidak akan dipikulkan sedikit pun, meskipun (yang dipanggilnya itu) kaum kerabatnya. Sesungguhnya yang dapat engkau beri peringatan hanya orang-orang yang takut kepada (azab) Tuhannya (sekalipun) mereka tidak melihat-Nya dan mereka yang melaksanakan salat. Dan barangsiapa menyucikan dirinya, sesungguhnya dia menyucikan diri untuk kebaikan dirinya sendiri. Dan kepada Allah-lah tempat kembali.

(QS. Fatir ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement