Jumat 01 Sep 2023 10:26 WIB

Pakai Stiker Hingga Video, Ini 11 Jurus Optimalkan Aplikasi Pesan

Tak sedikit yang belum paham cara memakai aplikasi pesan dengan tepat.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Aplikasi seperti Signal, Viber, Telegram, Messenger, hingga WhatsApp, termasuk di antara layanan terpopuler dan banyak dipilih pengguna dari berbagai negara.
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Aplikasi seperti Signal, Viber, Telegram, Messenger, hingga WhatsApp, termasuk di antara layanan terpopuler dan banyak dipilih pengguna dari berbagai negara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Aplikasi perpesanan menjadi salah satu layanan yang wajib dimiliki setiap pengguna gawai. Melalui aplikasi tersebut, pengguna dapat dengan mudah berkomunikasi dengan keluarga dan teman, atau dalam lingkungan bisnis.

Aplikasi seperti Signal, Viber, Telegram, Messenger, hingga WhatsApp, termasuk di antara layanan terpopuler dan banyak dipilih pengguna dari berbagai negara. Meskipun aplikasi ini sudah sangat populer, namun tak sedikit orang yang masih belum paham tentang penggunaannya secara mendetail. Untuk itu, simak tips dan trik untuk menggunakan aplikasi perpesanan seperti dikutip dari Gizchina, Jumat (1/9/2023).

Baca Juga

1. Gunakan aplikasi perpesanan yang berbeda untuk tujuan yang berbeda

Tidak semua aplikasi perpesanan dibuat sama. Beberapa aplikasi lebih cocok untuk percakapan pribadi, sementara yang lain lebih cocok untuk obrolan grup atau komunikasi terkait pekerjaan. Misalnya, WhatsApp adalah pilihan populer untuk percakapan pribadi, sedangkan Slack adalah pilihan yang baik untuk komunikasi terkait pekerjaan.

 

2. Mengatur notifikasi khusus

Anda bisa menyesuaikan pengaturan notifikasi untuk setiap aplikasi perpesanan sehingga Anda hanya mendapatkan notifikasi tentang pesan yang paling penting bagi Anda. Misalnya, Anda mungkin ingin mengatur suara notifikasi yang berbeda untuk obrolan pekerjaan Anda daripada untuk obrolan pribadi Anda.

 

3. Gunakan tanda terima sudah dibaca

Tanda terima telah dibaca dapat memberitahu Anda ketika orang lain telah melihat pesan Anda. Hal ini dapat membantu untuk memeriksa apakah seseorang telah menerima pesan atau mereka mengabaikannya. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa beberapa orang menganggap tanda terima telah dibaca mengganggu, jadi sebaiknya tanyakan sebelum Anda mengaktifkannya.

 

4. Gunakan indikator pengetikan

Indikator pengetikan dapat memberi tahu saat orang lain saat Anda mengetik pesan. Hal ini dapat membantu untuk melacak percakapan dan untuk menghindari pengiriman beberapa pesan pada saat yang bersamaan.

 

5. Gunakan stiker dan emoji

Stiker dan emoji dapat menambahkan sentuhan pribadi pada pesan dan membuatnya lebih menyenangkan untuk dibaca. Ada banyak paket stiker dan keyboard emoji yang tersedia, sehingga dapat digunakan sesuai dengan gaya Anda.

 

6. Gunakan pesan suara

Pesan suara dapat menjadi cara yang cepat dan mudah untuk berkomunikasi ketika Anda tidak punya waktu untuk mengetik. Pesan suara juga merupakan pilihan yang baik untuk berkomunikasi dengan orang tua atau orang yang memiliki gangguan penglihatan.

 

7. Gunakan panggilan video

Panggilan video dapat menjadi cara yang bagus untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga yang tinggal jauh. Panggilan video juga merupakan pilihan yang baik untuk rapat terkait pekerjaan ketika Anda perlu melihat wajah orang lain.

 

8. Obrolan grup

Obrolan grup dapat menjadi cara yang bagus untuk berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus. Ini adalah pilihan yang baik untuk merencanakan acara, mengoordinasikan proyek, atau hanya untuk tetap berhubungan dengan keluarga besar dan teman-teman.

 

9. Gunakan pesan menghilang (disappearing messages)

Pesan menghilang adalah fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk mengatur pesan untuk dihapus setelah jangka waktu tertentu. Ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk pesan-pesan yang tidak ingin Anda simpan, seperti informasi sensitif atau pesan genit.

 

10. Perhatikan pengaturan privasi

Setiap aplikasi perpesanan memiliki pengaturan privasinya sendiri. Pastikan untuk meninjau pengaturan ini dan sesuaikan dengan keinginan Anda.

 

11. Berhati-hatilah dengan apa yang dibagikan

Sama seperti bentuk komunikasi lainnya, berhati-hatilah dengan apa yang Anda bagikan di aplikasi perpesanan. Jangan membagikan apa pun yang terlalu vulgar tentang diri Anda, data sensitif, dan sejenisnya. Pasalnya, Anda bisa saja menjadi sasaran para hacker dan kejahatan siber.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement