Jumat 01 Sep 2023 22:54 WIB

DKI Juara Umum OSN 2023, Kalahkan Juara Bertahan Jawa Tengah

OSN 2023 diikuti oleh 1.475 peserta.

Rep: Kampus Republika/ Red: Partner
.
Foto: network /Kampus Republika
.

DKI Jakarta berada di peringkat pertama perolehan medali OSN 2023. Foto : youtube puspresnas
DKI Jakarta berada di peringkat pertama perolehan medali OSN 2023. Foto : youtube puspresnas

Kampus—Tim DKI Jakarta menjadi juara umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023. DKI Jakarta mengalahkan juara bertahan tahun lalu Jawa Tengah yang harus puas berada di peringkat kedua.

Babak final OSN 2023 digelar secara luring 27 Agustus hingga 2 September 2023. OSN jenjang SD/MI dan SMP/MTs digelar secara daring. Sedangkan OSN jenjang SMA/MA digelar secara luring di Bogor Jawa Barat.

Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Asep Sukmayadi mengatakan OSN tingkat nasional diikuti oleh 1.475 peserta. Mereka terdiri dari 230 peserta jenjang SD/MI, 345 peserta jenjang SMP/MTs, dan 900 peserta jenjang SMA/MA. Peserta berasal dari 38 provinsi.

OSN juga diikuti oleh 15 siswa dari Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Mereka berasal dari Singapura, Malaysia, Vietnam, Myanmar, Belanda, dan Saudi Arabia.

Baca juga :

Daftar Lengkap Pemenang OSN 2023 Jenjang SMA Bidang Astronomi, Siswa Asal DKI Jakarta Mendominasi | kampus (republika.co.id)

BAZNAS Tawarkan Beasiswa Riset untuk Mahasiswa Program D3 Sampai S3 | kampus (republika.co.id)

OSN papar Asep merupakan salah satu ajang talenta yang diselenggarakan di antara 40 ajang talenta yang diselenggarkan tahun ini oleh BPTI untuk bidang seni budaya dan olah olaharaga jenjang SD sampai Perguruan Tinggi. OSN adalah katalis untuk memindai talenta terbaik bibit unggul di bidang sains

“OSN ingin menumbuhkan semangat merdeka belajar, merdeka prestasi, semangat saling menghargai prestasi, dan persahabatan para generasi bangsa,” kata Asep saat penutupan OSN di 2023 di Bogor, Jawa Barat, Jumat (01/8/2023).

Staf Ahli Mendikbudristek Bidang Manajemen Talenta, Tata Muttaqin mengapresiasi perjalanan para peserta dalam mengikuti OSN 2023. Para peserta sudah mengalami perjalanan luar biasa mulai dari seleksi tingkat sekolah, kabupaten/kota, hingga tingkat provinsi.

“Pelaksanaan OSN yang sistematis dan berjenjang bagi peserta akan menjadi pengalaman yang luar biasa dan itu bagian dari porto folio yang penting untuk pembelajaran anak-anakku di masa depan,” Tatang saat memberi sambutan pada upacara penutupan OSN 2023.

Dalam OSN 2023 tim DKI Jakarta menjadi juara umum berdasarkan perolehan medali untuk semua jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Jawa Tengah yang tahun lalu menjadi juara umum harus puas berada di peringkat kedua.

Baca juga : Jawa Timur Juara Umum OSN 2022, Ini Daftar Lengkap Perolehan Medali

Lima Besar OSN 2023

1. DKI Jakarta

2. Jawa Tengah

3. Banten

4. DI Yogyakarta

5. Jawa Barat

Bidang yang di lombakan pada OSN tahun 2023 ini, pada jenjang SD/MI terdiri dari dua bidang lomba yaitu Matematika dan IPA. Jenjang SMP/MTs terdiri dari tiga bidang lomba yaitu Matematika, IPA dan IPS. Sementara itu, jenjang SMA/MA terdiri dari sembilan bidang lomba yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Baca juga :

345 Siswa SMP dan 230 Siswa SD akan Ikuti OSN Tingkat Nasional, Cek Jadwalnya | kampus (republika.co.id)

MK Bolehkan Kampanye Politik di Kampus, Ini Tanggapan Dosen Unair | kampus (republika.co.id)

Tim Indonesia Raih Lima Medali di Olimpiade Astronomi Internasional | kampus (republika.co.id)

Ini 56 Pemenang OSN-P Sumbar Jenjang SD, SMP, dan SMA, Mana dari Sekolahmu ? | kampus (republika.co.id)

Jatim Kirim 90 Pemenang OSN-P Jenjang SMA/MA ke OSN Nasional 2023, MAN 2 Kota Malang Terbanyak | kampus (republika.co.id)

Ini 88 Pemenang OSN Tingkat Provinsi DKI Jakarta, dari SMAN 8 Ada Berapa Orang ?

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id. Silakan menyampaikan masukan, kritik, dan saran melalui komen di bawah ini atau e-mail : kampus.republika@gmail.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement