Sabtu 02 Sep 2023 08:09 WIB

PM Jepang Bakal Hadiri KTT ASEAN di Jakarta

KTT ASEAN ke-43 akan digelar di Jakarta pada 5-7 Septmber 2023.

Red: Nidia Zuraya
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta, Indonesia.
Foto: Kyodo News via AP
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta, Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta, Indonesia, serta KTT G20 di India, menurut pemerintah pada Jumat (1/9/2023). Selama tur sepekan yang dimulai sejak Selasa itu, Kishida diperkirakan akan mengadakan pembicaraan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara lainnya, termasuk Indonesia dan India di sela-sela KTT.

Hal itu disampaikan Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno saat konferensi pers. Fokus perjalanan itu terkait apakah Kishida akan bertemu dengan pejabat tinggi Cina saat hubungan antara dua negara Asia itu memanas setelah Jepang mulai membuang limbah air radioaktif PLTN Fukushima ke laut, kata para pengamat.

Baca Juga

"Di Jakarta, Kishida kemungkinan akan menegaskan harapan Jepang untuk kesuksesan KTT khusus mendatang dalam rangka memperingati 50 tahun persahabatan antara Jepang dan ASEAN," kata Matsuno. 

Dia menambahkan, pemerintah telah menyetujui rencana penyelenggaraan pertemuan di Tokyo selama tiga hari mulai 16 Desember. "Pada KTT G20 di New Delhi, Kishida kemungkinan akan membahas berbagai isi global seperti keamanan pangan di tengah perang Rusia terhadap Ukraina dan promosi digitalisasi bersama partisipan lainnya," kata jubir tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement