Sabtu 02 Sep 2023 19:26 WIB

Cara Mengetahui Ada Kamera Tersembunyi di Kamar Hotel

Saat tiba di tempat menginap, Anda sebaiknya melakukan pemindaian.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Kamera tersembunyi (ilustrasi). Ada beberapa cara untuk mengetahui ada atau tidaknya kamera tersembunyi di dalam hotel.
Foto: Dok www.freepik.com
Kamera tersembunyi (ilustrasi). Ada beberapa cara untuk mengetahui ada atau tidaknya kamera tersembunyi di dalam hotel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekelompok orang yang tinggal di sebuah rumah sewa jangka pendek di Sunshine Coast, Australia, bercerita bahwa mereka menemukan kamera tersembunyi yang diarahkan ke kamar mandi. Mereka mengunggah video situasi tersebut di Tiktok untuk memperingatkan orang lain.

Investigasi polisi selanjutnya menetapkan bahwa tidak ada pancuran di persewaan Airbnb. Video yang telah ditonton jutaan kali ini menimbulkan banyak pertanyaan tentang cara menemukan kamera tersembunyi dan apa yang harus dilakukan jika menemukannya. 

Baca Juga

Sekelompok orang dari Vancouver, Kanada, juga membagikan penemuan mereka dalam video Tiktok. Mereka menunjukkan bagaimana mereka menemukan kamera yang disembunyikan di soket lampu kamar mandi, dan mengarah ke bilik mandi.

Dilansir CTV News, Sabtu (2/9/2023), pakar teknologi Carmi Levy membagikan tips-nya untuk memastikan agar kita tidak dimata-matai saat berlibur dan menyewa hotel maupun rumah sewa. “Ini sangat meresahkan. Tidak ada yang ingin menyewa tempat, kemudian diketahui bahwa mereka memasang kamera tersembunyi. Ini adalah jenis pelanggaran privasi terburuk yang dapat kita bayangkan,” ucap Levy.

Levy mengatakan, saat tiba di tempat persewaan liburan, sebaiknya lakukan pemindaian awal untuk melihat apakah ada sesuatu yang "tidak pada tempatnya". “Pada rak buku, kalau ada sedikit celah yang tidak semestinya, carilah barang-barang yang dipasang agak lepas, alat pendeteksi asap yang mungkin ada yang rusak di sekitarnya karena salah memasangnya, outlet listrik, port USB,” kata Levy membeberkan titik-titik rawan. 

Barang lain yang perlu diperiksa termasuk soket ekstensi, penyegar udara plug-in, dan lampu tidur. Kalau bisa, matikan lampu dulu dan pakai senter. 

“Terkadang kamera itu sendiri akan memantulkan sedikit cahaya, atau bahkan mungkin ada LED pada kamera yang hanya akan terlihat jika lampunya mati,” kata dia.

Levy juga menyarankan untuk memeriksa jaringan WiFi karena kamera nirkabel akan muncul sebagai perangkatnya sendiri. Jika ada kamera tersembunyi, Levy mengatakan untuk segera menghubungi polisi.

Para tamu kemudian harus menghubungi platform tempat mengatur penginapan, yang memiliki kebijakan untuk menangani perilaku tersebut. Dalam kasus sekelompok orang dari Vancouver, Airbnb menghapus daftar kamar, mengembalikan dana menginap, dan sedang menyelidiki lebih lanjut.

“Ini adalah salah satu lingkaran yang paling sulit untuk ditutup dan merupakan salah satu hal yang paling membuat frustrasi mengenai kejahatan semacam ini,” kata Levy.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement