Senin 04 Sep 2023 08:34 WIB

Jamin Ketersediaan Beras, Indonesia dan Negara ASEAN Tekan Kerja Sama Pangan

Saat ini pemerintah memiliki stok beras sebanyak dua juta ton hingga akhir tahun.

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi stok beras. Saat ini pemerintah memiliki stok beras sebanyak dua juta ton, termasuk dari impor sampai akhir tahun ini.
Foto: ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
Ilustrasi stok beras. Saat ini pemerintah memiliki stok beras sebanyak dua juta ton, termasuk dari impor sampai akhir tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan seluruh negara anggota ASEAN dalam bidang ketahanan pangan. Hal ini bertujuan untuk menjamin ketersediaan beras di kawasan ASEAN.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan saat ini pemerintah memiliki stok beras sebanyak dua juta ton, termasuk dari impor sampai akhir tahun ini.

Baca Juga

"Terkait pangan kita ada beberapa hal yang dibahas terutama menyikapi climate change dan kekeringan ke depan. Terutama untuk mengakses komoditas strategis di ASEAN, salah satunya beras," ujarnya saat acara ASEAN Business & Investment Summit 2023, Senin (4/9/2023).

Menurut dia, cadangan beras tersebut akan digunakan bantuan sosial. Nantinya, dalam sebulan pemerintah akan memberikan 210 ribu ton beras selama tiga bulan.