Selasa 05 Sep 2023 05:15 WIB

Tembok Berlin Menjulang di Perbatasan AS-Meksiko

Tembok perbatasan AS bersifat pribadi dan politis

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Ketika pemerintah Amerika Serikat (AS) membangun tembok perbatasan terbaru, Meksiko merespons dengan meletakkan sisa-sisa Tembok Berlin
Foto: AP
Ketika pemerintah Amerika Serikat (AS) membangun tembok perbatasan terbaru, Meksiko merespons dengan meletakkan sisa-sisa Tembok Berlin

REPUBLIKA.CO.ID, TIJUANA -- Ketika Pemerintah Amerika Serikat (AS) membangun tembok perbatasan terbaru, Meksiko merespons dengan meletakkan sisa-sisa Tembok Berlin beberapa langkah dari penghalang baru buatan AS.

Lempengan beton abu-abu berbopeng seberat tiga ton itu terletak di antara arena adu banteng, mercusuar, dan tembok perbatasan, yang membentang hingga Samudra Pasifik.

“Semoga ini menjadi pelajaran untuk membangun masyarakat yang merobohkan tembok dan membangun jembatan,” ujar tulisan  dibuat oleh Walikota Tijuana Montserrat Caballero dan diberi judul “Dunia Tanpa Tembok"  di bawah dari saksi peninggalan Perang Dingin yang menjulang tinggi.

Bagi Caballero, seperti kebanyakan dari dua juta penduduk Tijuana, tembok AS bersifat pribadi dan politis, bagian dari tatanan kota dan fakta kehidupan. Dia menganggap dirinya seorang migran, setelah pindah dari kota Oaxaca di Meksiko selatan ketika berusia dua tahun bersama ibunya, yang melarikan diri dari lingkaran setan kemiskinan, kekerasan fisik, dan buta huruf.