Senin 04 Sep 2023 20:44 WIB

Presiden Filipina Tiba di Indonesia untuk Hadiri KTT ASEAN

KTT ASEAN ke-43 akan digelar di Jakarta pada 5-7 Septmber 2023.

Red: Nidia Zuraya
Presiden Filipina Ferdinand Marcos tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang,Senin (4/9/2023) sore, untuk menghadiri rangkaian KTT ke-43 ASEAN di Jakarta pada 5-7 September.
Foto: AP Photo/Aaron Favila
Presiden Filipina Ferdinand Marcos tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang,Senin (4/9/2023) sore, untuk menghadiri rangkaian KTT ke-43 ASEAN di Jakarta pada 5-7 September.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Filipina Ferdinand Marcos tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, Senin (4/9/2023) sore, untuk menghadiri rangkaian KTT ke-43 ASEAN di Jakarta pada 5 hingga 7 September 2023. Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden melaporkan, Presiden Ferdinand Marcos beserta pendamping tiba di Indonesia sekitar pukul 18.00 WIB dan disambut oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar.

Selain Presiden Ferdinand, sejumlah pemimpin negara di Asia Tenggara telah lebih dulu tiba di Indonesia pada hari Senin ini. Mereka adalah Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh, Perdana Menteri Kamboja Hun Manet, Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone, dan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim.

Baca Juga

Sebelumnya pada Ahad (3/9/2023), Perdana Menteri Kepulauan Cook Mark Brown tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta pukul 19.25 WIB. PM Mark diagendakan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 dalam kapasitasnya sebagai Ketua Pacific Island Forum (PIF).

Selain para pemimpin ASEAN, telah hadir pula pemimpin lembaga-lembaga internasional seperti Presiden Bank Dunia Ajay Banga, Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva, dan Kepala Eksekutif World Economic Forum Klaus Schwab.

KTT ke-43 ASEAN akan dihadiri 22 negara yang terdiri atas 11 negara ASEAN dan sembilan negara mitra, ditambah Bangladesh sebagai Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA) dan Kepulauan Cook sebagai Ketua Pacific Island Forum (PIF), serta sejumlah organisasi internasional yang menjadi mitra ASEAN.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin secara langsung 12 pertemuan dalam KTT ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC) mulai Selasa (5/9/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement