Selasa 05 Sep 2023 06:48 WIB

Hari Pertama Sekolah, Prancis Resmi Larang Siswa Pakai Abaya

Lebih dari 500 lembaga pendidikan berada dalam pengawasan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Pihak berwenang Prancis resmi memberlakukan larangan menggunakan abaya bagi siswa muslim di lingkungan sekolah negeri pada Senin (4/9/2023).
Foto: arabnews.com
Pihak berwenang Prancis resmi memberlakukan larangan menggunakan abaya bagi siswa muslim di lingkungan sekolah negeri pada Senin (4/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Pihak berwenang Prancis resmi memberlakukan larangan menggunakan abaya bagi siswa muslim di lingkungan sekolah negeri pada Senin (4/9/2023). Berdasarkan laporan, lebih dari 500 lembaga pendidikan berada dalam pengawasan, ketika anak-anak di seluruh negeri kembali ke kelas.

Bulan lalu pemerintah mengumumkan pelarangan abaya di sekolah-sekolah. Otoritas mengatakan hal itu melanggar aturan sekularisme dalam pendidikan. Otoritas juga sudah melarang jilbab dengan alasan afiliasi keagamaan.

Baca Juga

Kebijakan baru ini jelas menggembirakan kelompok sayap kanan. Namun, kelompok sayap kiri berpendapat tindakan tersebut merupakan penghinaan terhadap kebebasan sipil.

"Semuanya berjalan baik pagi ini. Tidak ada insiden untuk saat ini, kami akan terus waspada sepanjang hari agar para siswa memahami arti aturan ini," kata Perdana Menteri Elisabeth Borne, saat mengunjungi sebuah sekolah di Prancis utara, dikutip di VOA News, Selasa (5/9/2023).