Selasa 05 Sep 2023 15:20 WIB

Siapa Majusi yang Dimaksudkan dalam Alquran dan Hadits Nabi SAW? 

Kaum Majusi diabadikan dalam Alquran dan hadits Nabi Muhammad SAW

Red: Nashih Nashrullah
(ilustrasi) api majusi. Kaum Majusi diabadikan dalam Alquran dan hadits Nabi Muhammad SAW
Foto: tangkapan layar wikipedia.org
(ilustrasi) api majusi. Kaum Majusi diabadikan dalam Alquran dan hadits Nabi Muhammad SAW

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Di antara kaum yang menyekutukan Allah SWT dan diabadikan dalam Alquran adalah kaum Majusi. Siapa mereka?  

Majusi adalah suatu agama atau kepercayaan yang mengagungkan api sebagai sesembahan atau Tuhan. Mereka disebut orang-orang Majus dari Timur yang datang menyembah bayi Kristus di malam natal (sering disimbolkan dengan empat raja datang membawa persembahan berupa emas, dupa, dan minyak mur). Dalam Alquran, kata Majusi disebutkan pada surat Al-Hajj [22]: 17.

Baca Juga

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَالَّذِينَ هَادُوا وَالصَّابِئِينَ وَالنَّصَارَىٰ وَالْمَجُوسَ وَالَّذِينَ أَشْرَكُوا إِنَّ اللَّهَ يَفْصِلُ بَيْنَهُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ شَهِيدٌ

 “Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang Yahudi, orang-orang Shaabi`iin, orang-orang Nasrani, orang-orang Majusi, dan orang-orang musyrik, Allah akan memberi keputusan di antara mereka pada hari kiamat. Sesungguhnya, Allah menyaksikan segala sesuatu.” (QS Al-Hajj [2]: 17). Dalam hadits, agama Majusi ini juga pernah disinggung Rasulullah SAW.