Selasa 05 Sep 2023 19:09 WIB

Tegas, Legenda MU Sarankan Dua Pemain Ini Pensiun dari Timnas Inggris

Pelatih timnas Inggris dianggap mengada-ngada.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Raheem Sterling (kiri) kian ditinggalkan oleh Southgate.
Foto: AP Photo/Ian Walton
Raheem Sterling (kiri) kian ditinggalkan oleh Southgate.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan pemain tim nasional Inggris Rio Ferdinand menuntut agar sebagian besar pemain the Three Lions saat ini pensiun pun gantung sepatu dari sepak bola internasional menyusul serangkaian keputusan pelatih Gareth Southgate.

Pernyataan Ferdinand terpaku pada tidak adanya nama Raheem Sterling dan James Ward-Prowse dalam skuad Tiga Singa pada ajang Kualifikasi Euro 2024 versus Ukraina dan uji coba kontra Skotlandia.

Baca Juga

"Jika saya adalah mereka, saya akan sangat kecewa mengingat apa yang telah dia lakukan untuk tim Inggris. Anehnya, pemain seperti Harry Maguire dan Kalvin Phillips boleh masuk?," kata Ferdinand menjelaskan kepada Podcast Vibe with Five dilansir Mirror, Selasa (5/9/2023).

Sterling pun Ward-Prowse boleh bertanya-tanya alasan utama Southgate tidak mencantumkan namanya di skuad Inggris. Sebab, sejak kampanye 2023/2024 berlangsung kedua pemain tersebut tampil impresif bersama klub masing-masing.

Alhasil keputusan Southgate mengundang kritik tajam dari eks kapten Manchester United, yang menilai hal itu bukti dari keberpihakan pun keputusan aneh pelatih.

"Sterling jadi bintang utama Chelsea, seperti Ward-Prowse. Jadi menerima hal ini itu sangat mengecewakan. Jika saya seperti mereka saya akan pensiun dari timnas," sambung pria berusia 44 tahun.

Federasi Sepak Bola Inggris mengonfrimasi bahwa pemain Manchester City, Jack Grealish dan bintang Liverpool Trent Alexander-Arnold mengalami cedera akhir pekan kemarin, yang membuat keduanya diragukan memperkuat timnas Inggris. 

Alhasil, peluang untuk memanggil Sterling terbuka lebar apalagi ia memiliki pengalaman bersama Tiga Singa. Meski pun akhirnya Southgate memilih pilihan yang lain.

Sementara Ferdinand ditanya soal kinerja dan reputasi Southgate bersama timnas Inggris selama ini.Apakah, saat ini sudah waktunya FA menunjuk pelatih baru atau tetap berjalan dengan sang mentor.

"Katakan, 'dengar, jangan pilih aku lagi. Tidak ada gunanya. Apa yang Anda lakukan tidak sopan'. Kepada pemain yang telah berjuang di level klub."

Tentu Sterling dan Ward-Prowse berharap performa mengilap di level domestik dapat membuat Southgate memilih untuk menariknya ke skuad timnas Inggrs. Pasalnya akan ada pertandingan internasional bulan Oktober.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement