Selasa 05 Sep 2023 19:36 WIB

Ulama Mesir Jelaskan Cara Sikapi Anak yang Berperilaku Menyimpang

Generasi muda membutuhkan teladan yang tepat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Pelecehan seksual anak (ilustrasi).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Pelecehan seksual anak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini generasi muda sangat dekat dengan gadget dan media sosial (medsos). Ini berpotensi besar memicu perubahan pada perilaku anak. Misalnya anak menjadi berperilaku menyimpang, suka pada hal yang berbau pornografi, dan hal lain yang melanggar ketaatan kepada Allah SWT.

Guru Besar Studi Islam di Universitas Damanhour Mesir, Ahmad Shtayyeh menyampaikan penjelasan soal cara menyikapi anak yang berperilaku menyimpang dan hal lain semacamnya itu.

Baca Juga

Shtayyeh menyampaikan, generasi muda adalah harapan di masa depan. Sejatinya ada banyak hal yang dapat membuat mereka termotivasi untuk berbagai sesuatu yang bermanfaat dan bekerja keras serta penuh ketulisan. Dalam konteks inilah, generasi muda membutuhkan teladan yang tepat. Terutama di lingkup keluarga.

Shtayyeh menuturkan, semua hal yang terjadi di lingkup keluarga bermula dari kenyataan yang terjadi di dalam keluarga. Karena itu, ketika anak berperilaku menyimpang maka harus dilihat mengenai apa saja yang dicontohkan oleh orang tua.