Rabu 06 Sep 2023 14:23 WIB

New Delhi Sebut Absennya Presiden Putin dan Xi Jinping tak Ada Hubungan dengan India

Negara G20 akan bertemu di New Delhi, India pada 9-10 September 2023.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Siswa Sekolah Seni Gurukul memperlihatkan gambar potret kepala negara G20 untuk KTT G20 mendatang, di Mumbai, India, Selasa (5/8/2023).
Foto: EPA-EFE/DIVYAKANT SOLANKI
Siswa Sekolah Seni Gurukul memperlihatkan gambar potret kepala negara G20 untuk KTT G20 mendatang, di Mumbai, India, Selasa (5/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Presiden Cina Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin tidak menghadiri KTT G-20, yang akan digelar akhir pekan ini di New Delhi. "Ketidakhadiran dua tokoh kunci G-20 ini bukanlah hal yang biasa, tapi Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar mengatakan, absennya mereka tidak ada hubungannya dengan India," katanya kepada kantor berita ANI, Rabu (6/9/2023).

Para pemimpin negara-negara G-20 sedang berunding untuk membangun sebuah konsensus dan menghasilkan sebuah deklarasi pada pertemuan puncak 9-10 September di New Delhi, kata Jaishankar dalam sebuah wawancara yang disiarkan pada hari Rabu. 

Baca Juga

"Tidak, tidak. Saya rasa tidak ada hubungannya dengan India," katanya kepada ANI, di mana Reuters memiliki bagiannya, ketika ditanya apakah Putin dan Xi melewatkan KTT tersebut karena mereka jengkel dengan India.

"Saya pikir keputusan apa pun yang mereka buat, maksud saya mereka pasti tahu yang terbaik. Tapi, saya sama sekali tidak akan melihatnya seperti yang Anda sarankan," ujarnya.