Kamis 07 Sep 2023 14:43 WIB

Puas dengan Performa Espargaro-Vinales, Petinggi Aprilia tak Tertarik Tampung Marquez

Albesiano merasa belum saatnya Aprilia melakukan perombakan.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Dua pembalap MotoGP tim Aprilia, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales (kanan).
Foto: AP Photo/Joan Monfort
Dua pembalap MotoGP tim Aprilia, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, SCORZE -- Direktur Teknis Aprilia Racing, Romano Albesiano, menolak gagasan kubunya mengejar Marc Marquez atau Fabio Quartararo. Aprilia baru saja menjalani salah satu akhir pekan tersukses.

Tepatnya di MotoGP Catalunya 2023. Para rider pabrikan asal Italia itu finis di dua besar. Aleix Espargaro menjadi pemenang.

Baca Juga

Aleix menyalip rekan setimnya, Maverick Vinales, pada pengujung balapan. Alhasil, ia berakhir di singgasana. Ini kemenangan kedua sosok 34 tahun di Musim 2023.

Aleix dan Vinales tampaknya memiliki chemistry yang baik satu sama lain. Meski demikian, pertanyaan seputar kapasitas mereka tetap bermunculan. Nama pertama memasuki usia senja dalam kariernya.

Sementara, Vinales kerap dikritik karena dianggap kurang konsisten. Kebetulan, ada dua superstar dalam kondisi yang membingungkan. Mereka adalah Marquez dan Quartararo.

Kemampuan dua sosok tersebut tak perlu diragukan lagi. Para mantan juara dunia. Permasalahannya, motor yang dikendarai mereka mulai ketinggalan kereta.

Marquez bersama Repsol Honda. Quartararo andalan Yamaha. Pabrikan Jepang itu terlihat kesulitan bersaing dengan tim Eropa.

Banyak yang menyarankan sebaiknya Aprilia menargetkan salah satu dari mereka. Namun Albesiano tidak berpikiran seperti itu. Ia merasa belum saatnya Aprilia melakukan perombakan.

"Itu tidak ada dalam rencana kami untuk jangka pendek. Kami punya empat pembalap yang fantastis. Kami telah meningkat bersama Aleix. Dia mengalami peningkatan dalam kedewasaan dan bekerja dengan tim. Itu memberi Anda gambaran seberapa besar seorang pengendara dapat berevolusi," kata petinggi Aprilia itu, dikutip dari Sportskeeda.com, Kamis (7/9/2023).

Albesiano juga melihat potensi luar biasa dalam diri Vinales. Rider 28 tahun itu hanya perlu berevolusi seperti rekan setimnya. Maka konsistensi akan tercapai.

"Saya berbicara sebagai teman dan penggemar, selama Aleix ingin melanjutkan dan menjadi kuat seperti ini, akan ada motor untuknya di Aprilia. Begitu pula dengan Maverick. Saya berharap banyak darinya, lebih dari sekadar kita sudah lihat sampai sekarang, dan itu sudah banyak. Dia bisa membuat langkah lebih maju," ujar Albesiano menambahkan.

Albesiano juga memuji dua pembalap satelit mereka, Miguel Oliveira serta Raul Fernandez. Oliveira finis di posisi kelima MotoGP Catalunya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement