Kamis 07 Sep 2023 18:32 WIB

Hubungan Valentino Rossi dan Ducati Makin Lengket, Morbidelli Bakal Merapat ke Pramac

Semua pembalap didikan Rossi nanti akan mengendarai Ducati.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Legenda balap MotoGP Valentino Rossi (kanan) bersama anak didiknya di VR46 Academy, Franco Morbidelli.
Foto: EPA-EFE/FAZRY ISMAIL
Legenda balap MotoGP Valentino Rossi (kanan) bersama anak didiknya di VR46 Academy, Franco Morbidelli.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Pembalap asal Italia Franco Morbidelli disebut-sebut sudah menemukan tim baru guna melanjutkan kiprahnya di pentas MotoGP. Pembalap berusia 28 tahun itu dilaporkan bakal mengisi salah satu line-up pembalap di tim Prima Pramac Racing pada gelaran MotoGP musim depan.

Musim ini diketahui menjadi yang terakhir bagi Morbidelli memperkuat tim Monster Energy Yamaha. Posisi Morbidelli akan digantikan oleh Alex Rins, yang direkrut dari tim LCR Honda. Rins akan menjadi tandem Fabio Quartararo di tim itu pada musim depan.

Baca Juga

Sementara posisi Rins di tim LCR Honda akan digantikan oleh Johan Zarco, yang meninggalkan tim Prima Pramac Racing. Posisi yang ditinggalkan Zarco di tim Prima Pramac disebut-sebut akan menjadi milik Morbidelli. Pengoleksi satu gelar juara dunia kelas Moto2 itu akan berduet Jorge Martin sebagai line-up pembalap tim asal Italia tersebut pada musim depan.

''Kabarnya, Morbidelli akan mengumumkan keputusan memperkuat tim Prima Pramac pasca gelaran GP San Marino, yang digelar di Sirkuit Misano Marco Simonecelli, akhir pekan ini,'' tulis laporan Corriere dello Sport seperti dilansir Crash, Kamis (7/9/2023).

Kepindahan Morbidelli ke tim Prima Pramac ini dinilai memiliki dampak pada hubungan Valentino Rossi selaku pemilik tim VR46 dengan pabrikan asal Italia, Ducati. Maklum, dengan bergabungnya Morbidelli ke tim Prima Pramac, maka seluruh jebolan akademi balap milik Rossi, Akademi Balap VR46, akan menggunakan motor Ducati.

Selain Morbidelli, Luca Marini dan Marco Bezzecchi, yang merupakan pembalap tim Mooney VR46, merupakan jebolan akademi balap milik Rossi yang saat ini tengah berkiprah di MotoGP. Kian mesranya hubungan Rossi dengan Ducati disebut-sebut bisa memberikan dampak terhadap upaya tim Mooney VR46 untuk memperpanjang kontrak bersama Ducati.

Saat ini, tim Mooney VR46 diketahui masih memiliki kontrak bersama Ducati hingga 2024. Dalam kerja sama tersebut, tim Mooney VR46 bisa menggunakan motor keluaran Ducati dengan spesifikasi tahun sebelumnya. Pada musim ini, tim Mooney VR46 menggunakan basis motor Ducati Desmesodici GP22.

''Kepindahan Morbidelli dari Yamaha ke Ducati kian memperkuat hubungan Rossi dan Ducati. Peluang buat tim Mooney VR46 memperpanjang kontrak bersama Ducati pun kian terbuka,'' lanjut laporan tersebut. 

Apabila resmi hijrah ke tim Prima Pramac pada musim depan, Morbidelli akan menggunakan motor keluaran Ducati dengan spesifikasi dan pengembangan teranyar, Desmosedici GP24. Kondisi ini akan berbeda dengan Marini dan Bezzecchi yang akan menggunakan motor Ducati pengembangan tahun ini di gelaran MotoGP musim depan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement