Sabtu 09 Sep 2023 08:05 WIB

Proyek Water Tank Retak, PDAM Depok Siap Perbaiki

Warga yakin menang atas gugatan ke Pemkot Depok di PTUN Bandung soal water tank.

Rep: Antara/Alkhaledi Kurnialam/ Red: Erik Purnama Putra
Proyek water tank di samping perumahan warga di Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat.
Foto: Dok Pemkot Depok
Proyek water tank di samping perumahan warga di Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dirut PT Tirta Asasta Kota Depok (Perseroda), Muhammad Olik Abdul Holik berjanji segera melakukan perbaikan water tank di Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya. Hal itu lantaran proyek berkapasitas 10 juta liter air tersebut mengalami retakan di pondasi tangki air.

"Perbaikan ini disarankan oleh Lemtek (Lembaga Teknologi Fakultas Teknik) UI. Setelah melakukan perbaikan maka akan dievaluasi kembali dan setelah di evaluasi maka jika memang sudah siap dioperasikan maka akan segera dioperasikan," kata Olik di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, Jumat (9/9/2023).

Olik menegaskan, pembangunan water tank bukan untuk menyiapkan musibah dan teror terhadap warga sekitar. "Insya Allah water tank yang kami bangun sangat kuat dan sudah dilakukan kajian oleh Lemtek UI. Kami juga sudah merencanakan sematang mungkin keamanan bagi warga sekitar," katanya.

Menurut Olik, pembangunan water tank mempunyai ketahanan yang luar biasa. Kalau pun ada kebocoran dan sebagainya, pihaknya sudah bisa melakukan antisipasi.

Sebagai mitigasinya, kata dia, PDAM Kota Depok sudah membuatkan dua saluran water tank langsung ke Sungai Ciliwung. Selain itu, pihaknya juga akan membuat agar di sekeliling untuk mengantisipasi jika terjadi banjir yang berpotensi ke rumah warga.

"Kebocoran akan kita minimalisasi mungkin. Water tank ini merupakan pelat-pelat baja jika ada rembes dari sini maka akan diperbaiki secepat mungkin. Ini komitmen dari perusahaan penyedianya dari Inggris," jelasnya.

Saat ini, kata Olik, PDAM sedang membuat DED perbaikan yang dikerjakan peneliti UI sebagai pakar di bidang tersebut. Dia menyebut, secara teknik, keretakan yang terjadi masih dalam toleransi.

"Tetapi kita tak mau ada retak ini. Kita tentunya ingin zero tolerance. Bangunan water tank ini tahan terhadap gempa hingga 9 magnitudo yang di Indonesia sangat jarang terjadi," ucap Olik.

Selama ini, pembangunan water tank menuai protes dari warga Perumahan Pesona Depok di Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya. Mereka pun melakukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung yang terdaftar dengan nomor perkara 45/G/2023/PTUN BDG.

Sidang gugatan itu telah dilaksanakan beberapa kali, dan pada 19 September 2023, akan dibacakan kesimpulan. Kemungkinan sidang putusan dilakukan dua pekan setelah pembacaan kesimpulan.

Dalam sidang terakhir pada Jumat (19/8/2023), majelis hakim PTUN Bandung melakukan sidang lapangan terkait dengan gugatan warga terhadap PT Tirta Asasta yang membangun water tank berkapasitas 10 juta liter di dekat permukiman. Warga merasa ketakutan jika terjadi sesuatu di tangki air raksaka tersebut.

Warga yakin menang gugatan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement