Sabtu 09 Sep 2023 08:05 WIB

Telkom Siapkan Pendanaan 300 Juta Dolar AS untuk Kembangkan Startup

Merah Putih Fund diinisiasi oleh Kementerian BUMN.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Direktur Digital Business Telkom Fajrin Rasyid.
Foto: dok Telkom
Direktur Digital Business Telkom Fajrin Rasyid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui entitas Corporate Venture Capital (CVC) MDI Ventures dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), berpartisipasi dalam penandatanganan Perjanjian Partisipasi Merah Putih Fund. Hal itu merupakan sebuah program kolaborasi pendanaan startup nasional bersama luma Corporate Venture Capital BUMN menghimpun dana kelola awal sebesar 300 juta dolar AS yang berfokus pada para startup tahap pertumbuhan.

“Merah Putih Fund yang dilandasi oleh semangat bersama dari kelima CVC BUMN sepakat berkomitmen untuk mendorong startup-startup potensial di segmen industri yang dinamis di Indonesia agar tumbuh menjadi unicorn melalui penyediaan pendanaan, akses, dan fasilitator,” kata Direktur Digital Business Telkom, Fajrin Rasyid dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (8/9/2023). 

Baca Juga

Merah Putih Fund diinisiasi oleh Kementerian BUMN dengan menggandeng kelima CVC BUMN yaitu MDI Ventures, Telkomsel Mitra Inovasi, Mandiri Capital Indonesia, BRI Ventures, dan BNI Ventures. Entitas tersebut dibentuk untuk menstimulasi gairah pertumbuhan startup nasional di tengah tech winter yang masih berlangsung saat ini.

TelkomGroup juga memiliki kesamaan visi dengan Merah Putih Fund (MPF) untuk memajukan pertumbuhan ekonomi digital nasional. Khususnya dengan memperkuat peran Telkom digital venture yang dijalankan melalui MDI Ventures dan TMI.