Sabtu 09 Sep 2023 13:49 WIB

Uni Afrika Resmi Jadi Anggota Baru G20

Keanggotaan Uni Afrika diumumkan secara resmi saat pembukaan KTT G20 di India

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Gita Amanda
 Perdana Menteri India Narendra Modi telah secara resmi mengumumkan keanggotaan Uni Afrika di pembukaan G20. (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Evan Vucci
Perdana Menteri India Narendra Modi telah secara resmi mengumumkan keanggotaan Uni Afrika di pembukaan G20. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Perdana Menteri India Narendra Modi telah secara resmi mengumumkan keanggotaan Uni Afrika di G20. Hal itu disampaikan Modi saat membuka KTT G20 di New Delhi, Sabtu (9/9/2023).

Dalam pidatonya, Modi mengatakan keanggotaan Uni Afrika di G20 telah disetujui semua anggota. “Dengan persetujuan semua pihak, saya meminta ketua Uni Afrika untuk mengambil kursinya sebagai anggota tetap G20,” ujarnya.

Baca Juga

Akhir bulan lalu, Modi telah menyampaikan bahwa keketuaan G20 yang saat ini dipegang India akan fokus pada menyoroti keprihatinan negara-negara berkembang. Dia pun mengusulkan Uni Afrika untuk menjadi anggota tetap kelompok tersebut.

“Kami memiliki visi inklusivitas dan dengan visi tersebut, kami telah mengundang Uni Afrika untuk menjadi anggota tetap G20,” kata Modi saat berpidato di acara Business 20 (B20) Summit di New Delhi, 27 Agustus 2023 lalu.