Sabtu 09 Sep 2023 15:06 WIB

DPRD Maluku: Draft SK Pendanaan Pilkada Serentak Siap Didistribusikan

Ini berkaitan tentang kesiapan daerah baik pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Ilustrasi Pilkada (Ilustrasi).
Foto: republika/mardiah
Ilustrasi Pilkada (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Melkianus Sairdekut menegaskan, untuk draft SK pendanaan pilkada serentak telah rampung.

Hal tersebut disampaikan menyusul permintaan KPU Maluku, agar pemerintah daerah bergerak cepat dalam penanganan anggaran Pilkada serentak tahun 2024, karena mengingat batas waktu dan kesiapan APBD Perubahan dalam menanggulangi hal tersebut.

Baca Juga

"Menurut Sekda Sadali Ie, draftnya sudah disiapkan, tinggal dikirimkan ke kabupaten dan kota supaya menjadi landasan hukum untuk semuanya satu kesepahaman," tegas Sairdekut kepada wartawan, usai rapat bersama KPU, Bawaslu, TAPD, dan Kesbangpol, di ruang rapat paripurna DPRD Provinsi Maluku, seperti dikutip pada Sabtu (9/9/2023). 

Menurut dia, ini juga berkaitan tentang kesiapan daerah baik pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota, untuk menyelesaikan APBD Perubahan. Ia menjelaskan, karena surat kementerian dalam negeri (Kemendagri) menginstruksikan untuk 40 persen anggaran Pilkada itu harus dimasukan ke APBD Perubahan, karena itu pentingnya rapat ini diselenggarakan.