Senin 11 Sep 2023 15:54 WIB

Masjid dan Diaspora Maroko Bergerak Cepat Himpun Donasi Gempa

Tim penyelamat memindahkan puing reruntuhan bangunan yang ambruk akibat gempa.

Red: Ferry kisihandi
 Para penyintas gempa Maroko berkumpul di tempat terbuka.
Foto: AP
Para penyintas gempa Maroko berkumpul di tempat terbuka.

REPUBLIKA.CO.ID, MARRAKECH – Kabar duka sampai ke telinga Youssef Choula. Saat itu, ia telah terlelap di rumahnya, di Gloucestershire, Inggris kemudian ia terbangun karena dering telepon dari saudara laki-lakinya di Marrakech, Maroko, Sabtu (9/9/2023) tengah malam. 

Melalui sambungan telepon dengan saudara laki-lakinya, ia mendengar penuh teriakan dan seruan kengerian.’’ Ini gempa. Ini gempa.’’ Saat hari telah terang, kerusakan terlihat jelas. Rumah keluarganya di Marrakech tak lagi bisa dihuni. 

Baca Juga

Rumah-rumah di daerah leluhurnya, Amizmiz, juga rusak berat.’’Mereka tak punya tempat lagi untuk pulang,’’ ungkap Choula seperti dilansir Straits Times, Senin (11/9/2023). Keluarganya menghabiskan malam di sebuah lapangan bersama keluarga lain. 

Ia menyatakan telah menggalang dana untuk dikirim ke Maroko. Ia lahir Amizmiz dan pulang hampir setiap tahun. Sulit baginya apa yang akan dilihatnya ketika pulang tahun depan. ‘’Kami akan melakukan yang terbaik bagi mereka,’’ katanya seperti diberitakan New York Times