Senin 11 Sep 2023 21:55 WIB

Kecemasan di Tempat Kerja Itu Nyata, Ini 9 Gejala Umum Work Anxiety

Banyak orang mengalami stres yang tidak rasional karena kecemasan di tempat kerja.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Kecemasan di tempat kerja merupakan hal yang nyata dan seringkali diremehkan.
Foto: www.freepik.com
Kecemasan di tempat kerja merupakan hal yang nyata dan seringkali diremehkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Karyawan menghabiskan setidaknya sepertiga waktu dalam sehari untuk bekerja. Meskipun stres karena pekerjaan adalah hal yang wajar, namun karyawan juga harus waspada terhadap gejala-gejala yang mengarah kondisi work anxiety atau rasa cemas saat kerja.

Menurut para ahli, kecemasan di tempat kerja itu nyata. Banyak orang mengalami stres yang tidak rasional dan merasa cemas dengan kinerjanya di tempat kerja. Hal ini kemudian mengganggu kualitas hidup serta berdampak pada produktivitas mereka.

Baca Juga

Psikiater di Manasthali India, Jyoti Kapoor, mengatakan bahwa karyawan yang tidak mampu mengatur tekanan di tempat kerja dapat merasa lelah dan letih, bahkan dapat menyebabkan burnout. Namun sayangnya, kata dia, work anxiety sering kali diremehkan.

Work anxiety mengacu pada tekanan emosional dan ketidaknyamanan yang dialami oleh karyawan dalam menanggapi tuntutan, tekanan, dan ekspektasi yang terkait dengan lingkungan kerja mereka. Bentuk kecemasan ini dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap kesejahteraan dan produktivitas individu secara keseluruhan," kata Kapoor seperti dilansir Hindustan Times, Senin (11/9/2023).