Senin 11 Sep 2023 21:45 WIB

Ralf Rangnick Kesampingkan Namanya Sebagai Kandidat Pelatih Timnas Jerman

Kontrak Rangnick bersama timnas Austria akan berakhir pada 31 Mei 2024.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Austria asal Jerman, Ralf Rangnick.
Foto: AP/Andreas Schaad
Pelatih timnas Austria asal Jerman, Ralf Rangnick.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Asosiasi Sepak BoLa Jerman (DBF) sedang mencari pelatih timnas Jerman usai pemecatan Hansi Flick. Salah satu nama yang masuk radar adalah pelatih timnas Austria, Ralf Rangnick. Namun ia mengesempingkan dirinya sebagai kandidat pelatih Jerman.

Flick dipecat oleh DBF setelah menelan kekalahan 1-4 dari Jepang dalam laga persahabatan akhir pekan kemarin. Jerman menderita empat kekalahan dalam lima pertandingan terakhir setelah tersingkir di babak grup Piala Dunia 2022. Catatan buruk tersebut membuat DBF kecewa atas kinerja Flick.

Baca Juga

Rangnick masuk radar sebagai pengganti Flick bersama pelatih Liverpool Juergen Klopp. Namun Rangnick menegaskan tidak mungkin dirinya dipilih.

“Saya memutuskan 14 bulan lalu untuk bekerja sebagai pelatih tim nasional Austria, mempersiapkan tim untuk lolos ke Kejuaraan Eropa dan memainkan peran yang baik di sana. Yang lainnya bukan topik bagi saya," ujar mantan pelatih Manchester United (MU) tersebut, dilansir dari Tribalfootball, Senin (11/9/2023).

Rangnick adalah pelatih sepak bola asal Jerman sehingga paham bagaimana filosofi permainan the Panzer. Ia salah satu pelatih berpengalaman dengan melatih beberapa klub. Selain itu, ia juga berpengalaman sebagai direktur olahraga.

Stuttgart, Hannover 96, FC Shalke 04, RB Leipzig, dan MU di antara klub yang pernah dilatihnya. Sementara pengalaman sebagai pelatih tim nasional masih minim yakni dengan timnya saat ini Austria.

Rangnick ditunjuk sebagai pelatih Austria pada 1 Juni 2022 dan kontraknya akan berakhir pada 31 Mei 2024. Jerman harus segera menentukan pelatih baru mengingat akan menjadi tuan rumah Euro 2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement