Rabu 13 Sep 2023 00:37 WIB

PAN Harap Demokrat Gabung Koalisi Prabowo, Boleh Usulkan AHY Jadi Cawapres

Bergabungnya Partai Demokrat akan menambah kekuatan Koalisi Indonesia Maju.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus Yulianto
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi membuka pintu kerja sama kepada Partai Demokrat yang saat ini berstatus "jomlo" usai keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Bergabungnya Partai Demokrat tentu akan menambah kekuatan dari pengusungan Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (capres).

Apalagi, Partai Gerindra, PAN, dan Partai Demokrat memiliki pengalaman yang sama saat mengusung Prabowo sebagai capres pada pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Pengalaman tersebut tentu akan memudahkan partai berlambang bintang mercy itu untuk bergabung dalam koalisinya.

"Jejak sejarah PAN, Gerindra, Partai Demokrat pernah bergabung di pemilu presiden beberapa pemilu yang lalu kan, dan kalau Partai Demokrat bergabung di Koalisi Indonesia Maju tentu akan menambah kekuatan basis konstituen dan akan bisa menambah kekuatan politik," ujar Viva di Kantor DPP PAN, Jakarta, Selasa (12/9/2023).

"Akan berpotensi untuk menambah suara di Pilpres 2024 dan bisa membuka peluang untuk menang di Pemilu presiden 2024," sambungnya.