Rabu 13 Sep 2023 13:43 WIB

Prabowo Dipercaya Wakili Indonesia di Forum Internasional

Berbagai macam forum internasional, Menhan Prabowo hadir mewakili Indonesia.

Red: Erik Purnama Putra
Menhan Prabowo Subianto menjadi pembicara di Shangri-La Dialogue ke-20 di Singapura.
Foto: AP Photo/Vincent Thian
Menhan Prabowo Subianto menjadi pembicara di Shangri-La Dialogue ke-20 di Singapura.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) Prabowo Subianto dipercaya mampu meningkatkan wibawa Indonesia di pentas internasional. Hal itu karena pengalaman Prabowo di dunia hubungan internasional sangat mumpuni.

Prabowo sangat dipercaya mewakili Indonesia dalam setiap forum internasional. Ia dipercaya mampu menangani berbagai macam hubungan diplomatik antara Indonesia dengan negara atau komunitas internasional.

Hasil survei KIC periode 22-29 Agustus 2023, menempatkan Prabowo masuk ke dalam daftar 10 tokoh yang paling dipercaya mewakili Indonesia di kancah internasional. Sebanyak 43,5 persen responden percaya kepada Prabowo, kemudian di posisi kedua ada Menteri BUMN Erick Thohir di angka 30 persen, dan  Gubernur Jawa Tengah (Jateng) periode 2013-2023 Ganjar Pranowo meraih 29 persen.

"Tercatat, sebanyak 43,5 persen responden menilai bahwa Prabowo bisa mewakili Indonesia di forum global. Angka ini cukup jauh di atas sejumlah tokoh lainnya," tulis rilis KIC di Jakarta dikutip pada Rabu (13/9/2023).

Direktur Eksekutif Survei and Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara merespons hasil survei tersebut. Igor menilai, saat ini Prabowo menjadi sosok yang sangat dibutuhkan masyarakat dan negara Indonesia.

Jumlah tersebut membuktikan Prabowo satu-satunya harapan masyarakat untuk mengembalikan wibawa Indonesia di hadapan negara dunia. Bahkan, Indonesia semenjak Prabowo menjadi perwakilan internasional selalu dipandang sebagai salah satu negara yang memiliki pertahanan dan keamanan yang bagus.

"Kewibawaan Indonesia di pentas internasional itu juga semakin menarik kharisma dan pesonanya karena Indonesia punya posisi bagus di pertahanan dan keamanan," ujar Igor saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Berbagai macam forum internasional, Prabowo hadir mewakili Indonesia. Prabowo pernah mewakili Indonesia mengusulkan perdamaian antara Rusia dan Ukraina pada acara Dialog Shangri-La ke-20 di Singapura pada 3 Juni 2023.

Ia juga pernah menghadiri pertemuan multilateral antar Menhan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin dan Menhan negara-negara Asia Tenggara (South East Asia/SEA), di Dutch Pavilion Room, Shangri-La Singapore. Atas track record-nya tersebut, Igor melihat Prabowo masih menjadi harapan masyarakat. 

Nama Prabowo masih terpatri di dalam hati masyarakat untuk membawa Indonesia menjadi negara yang diperhitungkan di pentas-pentas internasional. "Jadi, Prabowo itu sebenarnya masih di hati masyarakat dan masyarakat masih memberi kesempatan kepada Prabowo untuk maju di 2024," kata Igor.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَّذِيْنَ يَجْتَنِبُوْنَ كَبٰۤىِٕرَ الْاِثْمِ وَالْفَوَاحِشَ اِلَّا اللَّمَمَۙ اِنَّ رَبَّكَ وَاسِعُ الْمَغْفِرَةِۗ هُوَ اَعْلَمُ بِكُمْ اِذْ اَنْشَاَكُمْ مِّنَ الْاَرْضِ وَاِذْ اَنْتُمْ اَجِنَّةٌ فِيْ بُطُوْنِ اُمَّهٰتِكُمْۗ فَلَا تُزَكُّوْٓا اَنْفُسَكُمْۗ هُوَ اَعْلَمُ بِمَنِ اتَّقٰى ࣖ
Yaitu) mereka yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji, kecuali kesalahan-kesalahan kecil. Sungguh, Tuhanmu Mahaluas ampunan-Nya. Dia mengetahui tentang kamu, sejak Dia menjadikan kamu dari tanah lalu ketika kamu masih janin dalam perut ibumu. Maka janganlah kamu menganggap dirimu suci. Dia mengetahui tentang orang yang bertakwa.

(QS. An-Najm ayat 32)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement