Rabu 13 Sep 2023 18:29 WIB

Penampakan 'Iblis Kambing' di The Nun II, Ini Penjelasannya

Selain Valak, muncul iblis berwujud manusia kambing di film The Nun II.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film The Nun II. Di film itu, muncul sosok iblis berbentuk manusia kambing.
Foto: dok. Warner Bros
Salah satu adegan di film The Nun II. Di film itu, muncul sosok iblis berbentuk manusia kambing.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak diragukan lagi, iblis kambing merupakan salah satu karakter Conjuring Universe yang paling "unik". Berwujud manusia kambing di film The Nun II, makhluk tersebut dianggap sebagai inkarnasi iblis, meskipun film tersebut tidak pernah secara langsung mengonfirmasi teori karakter tersebut. 

Dilansir laman Screenrant, Rabu (13/9/2023),  dari segi asal usulnya di kehidupan nyata, iblis kambing di The Nun II tidak seperti Valak. Sebaliknya, makhluk itu berakar lebih luas pada mitologi iblis. Sama seperti The Nun II yang tidak didasarkan pada kisah nyata, iblis kambing juga tidak terinspirasi oleh mitologi setan yang sangat spesifik.

Baca Juga

Namun, sepanjang Abad Pertengahan dan periode Renaisans di Eropa, kambing dikaitkan dengan ilmu sihir. Lebih khusus lagi, banyak orang percaya bahwa wujud fana setan adalah seekor kambing. 

Hal ini tercermin dalam The Nun II karena para protagonis percaya bahwa iblis kambing adalah iblis yang hidup kembali. Namun, iblis Conjuring Universe memiliki banyak bentuk seperti yang dibuktikan oleh Valak. Seperti yang terlihat di The Conjuring 2, Valak tampil sebagai makhluk jahat lainnya, termasuk Crooked Man atau Manusia Bengkok. 

Mungkin saja iblis apa pun yang bermanifestasi sebagai manusia kambing juga memiliki kemampuan untuk mengambil bentuk duniawi lainnya. Terlebih lagi, semakin jelas bahwa Valak adalah sumber utama kejahatan di Conjuringverse; setan membantu penjahat yang lebih kecil dan tampaknya mengatur sebagian besar hal yang terjadi. Mengingat kehebatan dan kekuatan Valak, akan aneh jika setan kambing The Nun II sebenarnya adalah iblis alias yang terbesar dari Big Bads. 

Sejauh ini, iblis kambing The Nun II belum pernah muncul di film Conjuring Universe lainnya. Namun, ini bukan film pertama yang mengasah citra kambing dan hubungannya dengan satanisme. 

Salah satu antagonis utama Conjuring Universe adalah Malthus— juga disebut sebagai Halphas— yang muncul di Annabelle, serta sekuelnya, Annabelle: Creation dan Annabelle Comes Home. Entitas tersebut menempel pada boneka menyeramkan tersebut, menggunakannya sebagai saluran untuk menyiksa pemilik mainan tersebut. Ia juga memiliki penampilan seperti kambing, meski tidak persis sama dengan iblis yang muncul di The Nun II

Malthus, yang sadis dan gigih, mempunyai banyak manifestasi, meskipun yang paling menonjol menyerupai kambing humanoid. Entitas hitam seperti domba jantan ini memiliki mata dan tanduk berwarna kuning— atau, dalam kasus Annabelle Comes Home, hijau. 

Dalam demonologi, Malthus disebut “Presiden Besar Neraka” dan bertindak sebagai tangan kanan Setan. Namun, tidak seperti dalam film Conjuring Universe, interpretasi Malthus yang lebih tradisional dikatakan mengambil bentuk burung gagak (melalui The Conjuring Universe Wiki).

Di sisi lain, karakter setan kambing ini berhasil memikat penonton The Nun 2. Penonton film telah menyukai karakter tersebut, terutama karena karakter tersebut memberikan beberapa ketakutan yang paling berkesan dalam film tersebut. Meski begitu, tidak mengherankan jika film masa depan, seperti The Nun III atau The Conjuring 4, membawa iblis kambing kembali ke layar lebar. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement