Rabu 13 Sep 2023 22:44 WIB

Kemenag Sulut Gelar Manasik Tingkatkan Kualitas Ibadah Haji

Pada Mei 2024, jamaah haji mulai diberangkatkan ke tanah suci.

Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara melakukan manasik guna meningkatkan kualitas ibadah haji calon jamaah haji di Kabupaten Minahasa Utara.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara Sarbin Sehe mengingatkan jamaah haji untuk menguasai ilmu manasik, menjaga kesehatan, guna meningkatkan kualitas ibadah.

Baca Juga

Selain itu, jamaah juga diminta mengisi tabungan haji sebagai persiapan haji tahun 1445 H/ 2024. Ini karena pada Mei 2024, jamaah haji mulai diberangkatkan ke tanah suci.

"Manasik haji ini untuk memberikan pemahaman menyeluruh tentang persiapan menjalani ibadah haji, perincian biaya haji, serta manasik haji," kata Sarbin, Rabu (13/9/2023).

Dia mengatakan Kemenag secara aktif berpartisipasi dalam sesi penyuluhan dan memberikan pandangan serta penjelasan terkait berbagai aspek perjalanan ibadah haji. "Salah satu fokus utama dari penyuluhan ini adalah penguraian tentang perincian biaya haji dan perjalanan haji," jelasnya.

Sarbin memberikan penjelasan detail bahwa biaya haji mencakup komponen seperti transportasi, akomodasi, makanan, dan layanan lainnya selama berada di Tanah Suci. Pemerintah berusaha keras menjaga agar biaya haji tetap terjangkau.

"Kami memahami haji adalah kewajiban agama dan kami berkomitmen membantu warga Sulawesi Utara dalam mewujudkannya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement