Kamis 14 Sep 2023 13:12 WIB

Ini Dia Roti Terbaik di Dunia, Apakah dari Indonesia?

Pan de bono asal Kolombia menyusul roti canai di urutan kedua.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Roti canai asal Malaysia dinobatkan sebagai roti terenak di dunia.
Foto: SEA Mashable
Roti canai asal Malaysia dinobatkan sebagai roti terenak di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---TasteAtlas baru saja merilis daftar 50 roti terbaik di dunia. Dalam daftar tersebut, roti canai berhasil mengungguli roti-roti lainnya dan bertengger pada posisi pertama.

Pan de bono asal Kolombia menyusul roti canai di urutan kedua. Sedangkan di urutan ketiga, ada butter garlic naan asal India.

Baca Juga

Roti canai merupakan jenis roti pipih yang diolah dengan teknik pan frying atau menggoreng dengan sedikit minyak. Sajian sederhana ini sangat populer di Malaysia, sampai-sampai anggota parlemen Malaysia berencana untuk membangun akademi roti canai.

Beberapa alasan yang membuat roti canai sangat populer adalah harganya yang terjangkau dan keserbagunaannya. Dari segi bahan misalnya, resep roti canai hanya membutuhkan tepung, air, dan terkadang telur.

Hal lain yang membuat roti canai sangat digemari adalah tekstur dan rasanya. Roti berbentuk bulat dan pipih ini memiliki tekstur berlayer yang renyah di luar dan lembut serta empuk di dalam. Selain itu, rasanya yang netral membuat roti canai bisa disajikan sebagai sajian gurih hingga manis.

Ini bukan kali pertama roti canai mendapatkan sorotan karena kelezatannya, seperti dilansir Mashable pada Kamis (14/9/2023). Pada Februari 2023, TasteAtlas juga mendaulat roti canai sebagai jajanan pinggir jalan terbaik kedua di dunia.

Roti terbaik kedua di dunia, yaitu pan de bono, merupakan roti tradisional yang terbuat dari tepung yuca, keju, serta telur. Menurut TasteAtlas melalui laman resminya, roti ini memiliki bentuk seperti bagel atau bola dengan ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan bola golf.

"Roti ini biasanya disajikan dalam kondisi hangat dengan segelas cokelat panas sebagai pendamping," ujar TasteAtlas, seperti dikutip oleh Republika.

Sedangkan roti terbaik ketiga di dunia, yaitu butter garlic naan, merupakan roti pipih tradisional asal India. Butter garlic naan merupakan salah satu variasi naan yang paling populer di dunia. "Ini terbuat dari tepung, ragi, garam, gula, dan juga yogurt," lanjut TasteAtlas.

Secara umum, adonan naan dimasak dengan teknik pemanggangan di dalam oven tandoor yang panas. Untuk membuat butter garlic naan, naan yang sudah berubah warna kecokelatan akan diangkat dari oven, diolesi dengan mentega, lalu ditaburi dengan bawang cincang.

"Sangat direkomendasikan untuk menyajikan butter garlic naan bersamaan dengan beragam sajian khas India, seperti kari, ayam mentega (murgh makhani), dal makhani, malai kofta, atau shahi paneer," ujar TasteAtlas.

Berikut ini adalah daftar lengkap 50 roti terbaik di dunia versi TasteAtlas:

1. Roti canai

2. Pan de bono

3. Butter garlic naan

4. Nan-e barbari

5. Pan de yuca

6. Focaccia di Recco col formaggio

7. Baguette

8. Naan

9. Piadina Romagnola

10. Tarte flambee

11. Marraqueta

12. Roti prata

13. Focaccia Barese

14. Talo

15. Scallion pancake

16. Farinata di ceci

17. Pain de Campagne

18. Pan de queso

19. Nan-e shirmal

20. Pampushka

21. Broa de milho

22. Bolo do caco

23. Chipa

24. Mekica

25. Focaccia alla Genovese

26. Amritsari kulcha

27. Roti

28. Focaccia

29. Paratha

30. Gozleme

31. Challah

32. Lavash

33. Mantou

34. New York City bagel

35. Pita bread

36. Simit

37. Etli ekmek

38. Pupusa

39. Nan-e sangak

40. Bolani

41. Pane carasau

42. Toquera

43. Koulouri Thessalonikis

44. Jouda duona

45. Roosterkoek

46. Almojabana

47. Somun

48. Kruh ispod peke

49. Ciabatta

50. Shaobing

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement