Jumat 15 Sep 2023 07:56 WIB

Apresiasi Omah Jaga Warga Gamping, Kabaharkam Polri: Bisa Dicontoh Wilayah Lain

Perlu mengoptimalkan program ini untuk mencegah gangguan keamanan di masyarakat.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
 Kunjungan Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Mohammad Fadil Imran, beserta jajarannya ke Omah Jaga Warga Kalurahan Ambarketawang, Gamping.
Foto: Dokumen
Kunjungan Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Mohammad Fadil Imran, beserta jajarannya ke Omah Jaga Warga Kalurahan Ambarketawang, Gamping.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN - Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Mohammad Fadil Imran, beserta jajaran mengunjungi Omah Jaga Warga Kalurahan Ambarketawang, Gamping. Kunjungan itu disambut secara langsung oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, bersama Kapolresta Sleman, Kombes Pol Yuswanto Ardi, serta Dandim 0732/Sleman, Letkol (Arm) Danny Arianto Pardamean Girsang, di halaman kantor Kalurahan Ambarketawang, Gamping.

Rombongan meninjau langsung Omah Jaga Warga yang masih berlokasi di kompleks kantor Kalurahan Ambarketawang. Selain itu, Fadil juga melakukan dialog secara langsung dengan ketua Omah Jaga Warga dan lurah Ambarketawang terkait peran Jaga Warga di masyarakat.

Usai mendengarkan penjelasan terkait implementasi Jaga Warga, kabaharkam Polri menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Sleman, kapolresta Sleman, Kalurahan Ambarketawang, dan Jaga Warga yang berkolaborasi, bersinergi dengan baik dalam mengoptimalkan program ini untuk membantu dan melayani masyarakat terlebih dalam upaya pencegahan konflik sosial dan gangguan keamanan di masyarakat.

Ia mengaku senang semua pihak terlibat dalam memastikan berjalannya program ini, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

"Energi dan pikiran saya tersegarkan melihat semangat dan motivasi semua yang terlibat di sini. Kalau lingkungan RT RW aman, sudah pasti kalurahannya aman, kalau kalurahannya aman, tentu kecamatan (kapanewon) aman, dan kalau kecamatan-nya aman, tentu kabupaten-nya aman," kata Fadil dalam keterangannya.

Ia menyebut program Jaga Warga yang telah berjalan di Sleman akan menjadi contoh wilayah lainnya. Bahkan, ia mengungkapkan direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) seluruh Indonesia dihadirkan dalam kunjungan tersebut untuk melihat program Jaga Warga di DIY untuk diterapkan di wilayah masing-masing.

Sementara itu, Bupati Kustini Sri Purnomo menyampaikan pemkab terus melakukan berbagai upaya dalam mencegah konflik sosial dan gangguan keamanan di Sleman. Di antara upaya tersebut yaitu mendukung terlaksananya program Jaga Warga.

Selain itu, Kustini juga menjelaskan pemkab telah mengembangkan kapasitas setiap warga masyarakat melalui Omah Jaga Warga di tiap kalurahan dengan harapan akan memperkuat persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan keamanan, ketertiban umum, ketenteraman, dan kesejahteraan masyarakat.

"Keberadaan Omah Jaga Warga ini merupakan sarana atau forum antar kelompok jaga warga untuk bertemu dan membangun dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban," tegas dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement