Jumat 15 Sep 2023 12:35 WIB

3 Cara agar Sholat Menjadi Khusyuk

Sholat khusyu jalan menggapai ketenangan hidup.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi sholat.
Foto: Dok Republika
Ilustrasi sholat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian besar kaum Muslim kesulitan untuk menjaga kekhususan dalam sholat. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar dapat khusyuk dalam shalatnya, salah satunya shalat di awal waktu.

Dikutip dari buku Jangan Takut Hadapi Hidup karya Dr Aidh Abdullah Al-Qarny, berikut tiga cara agar sholat menjadi khusyuk:

Baca Juga

Pertama, melaksanakan sholat tepat waktu 

Allah Subhanahu wa Ta'ala tidak akan menerima sholat apabila seseorang dengan sengaja menundanya hingga habis waktu tanpa ada alasan yang dibenarkan secara syara. Sia-sialah sholatnya.

Selain itu, sholat merupakan hal pertama yang akan dihisab dan dimintai pertanggungjawaban pada hari kiamat kelak. Maka, barang siapa yang mau menjaganya, niscaya Allah Subhanahu wa Ta'ala akan memelihara dirinya pada hari dimana akal dan pikiran seseorang sudah tidak lagi berfungsi.

Rasulullah ﷺ pernah bersabda kepada Ibnu Mas'ud ketika beliau ditanya tentang perbuatan apakah yang paling baik? Beliau menjawab, "Mendirikan sholat pada waktunya." 

Kedua, mengerjakan sholat dengan berjamaah 

Sholat fardhu haruslah dikerjakan secara berjamaah, kecuali karena alasan tertentu yang memang dibenarkan oleh syara. Ketika suara azan telah memanggil dengan seruannya, "Hayya alash shalah ... Hayya 'alal falah... (mari kita dirikan sholat ... mari kita gapai kebahagiaan...)" maka segeralah bangkit dari tempat tidur dan pergilah ke masjid agar Allah berkenan menjaga dan melindungimu. 

Ketiga, melakukannya dengan khusyuk dan tadarru

Yaitu, dengan membiarkan diri larut dan melebur bersama bacaan imam sambil menyimak bacaan Alquran yang sungguh luar biasa, bacaan yang mampu mengetuk pintu hati dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement