Jumat 15 Sep 2023 12:45 WIB

Survei: Prabowo Masih Teratas, Ganjar Rebound, Anies Naik Tipis

Prabowo terus memimpin dengan tren kenaikan elektabilitas secara terus-menerus.

Red: Agus raharjo
Bakal calon Presiden Prabowo Subianto (Kiri), Anies Baswedan (Tengah), Ganjar Pranowo (Kanan).
Foto: Republika/Prayogi; Thody Badai;
Bakal calon Presiden Prabowo Subianto (Kiri), Anies Baswedan (Tengah), Ganjar Pranowo (Kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Peneliti senior Voxpopuli Research Center Prijo Wasono mengatakan elektabilitas bakal calon presiden tertinggi masih dikuasai Prabowo Subianto. Dalam surveinya, elektabilitas Prabowo mencapai 26,2 persen, menjelang jadwal pendaftaran capres-cawapres di KPU yang akan dimulai Oktober 2023

Ganjar Pranowo menyusul pada peringkat kedua, dan mengalami rebound setelah sempat anjlok usai heboh Piala Dunia U-20. Tingkat elektabilitas Ganjar saat ini sebesar 24,3 persen. Sementara Anies Baswedan konsisten bertahan pada peringkat ketiga. Elektabilitas Anies mengalami kenaikan dibanding survei terakhir pada Juni 2023 sekitar 16,1 persen.

Baca Juga

"Prabowo masih unggul dalam bursa Pilpres 2024, disusul oleh Ganjar yang mengalami rebound dan Anies naik tipis pada peringkat ketiga," kata Prijo dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (15/9/2023).

Menurut Prijo, pertarungan sengit kini terfokus pada Prabowo dan Ganjar. Pada awal tahun Ganjar masih memimpin, tetapi kemudian merosot hingga tersalip oleh Prabowo. Sejak itu Prabowo terus memimpin dengan tren kenaikan elektabilitas secara terus-menerus.