Jumat 15 Sep 2023 14:43 WIB

Minta Jokowi Bangun Tol Sampai IPB, Rektor: Supaya Mahasiswa Tidak Telat

Rektor minta Presiden Jokowi bangun tol hingga IPB agar mahasiswa tidak suka telat.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bilal Ramadhan
Science Techno Park IPB University. Rektor minta Presiden Jokowi bangun tol hingga IPB agar mahasiswa tidak suka telat.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Science Techno Park IPB University. Rektor minta Presiden Jokowi bangun tol hingga IPB agar mahasiswa tidak suka telat.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — IPB University tidak hanya berkomitmen untuk mengembangkan kampus, namun juga menginisiasi pembangunan ekosistem berupa Dramaga University Town. Rektor IPB University Arif Satria, pun memohon dukungan kepada Presiden RI Joko Widodo, untuk membangun akses tol langsung menuju kawasan Dramaga.

Hal itu disampaikan Arif kepada Presiden, ketika Sidang Terbuka Dies Natalis ke-60 Institut Pertanian Bogor pada Jumat (15/9/2023), yang dihadiri Presiden. Arif mengatakan, kawasan Dramaga terkendal sebagai daerah yang kerap dilanda kemacetan parah.

Baca Juga

Hal itu, kata Arif, membuat mahasiswa IPB University terlambat saat berangkat kuliah. Di mana kampus IPB University terletak di Jalan Raya Dramaga, Desa Babakan, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.

“Oleh karena itu, dalam kesempatan ini mohon berkenan Pak Presiden bisa memperhatikan aspirasi kami untuk membangun jalan tol langsung ke Dramaga. Supaya akses mahasiswa kalau kuliah tidak terlambat dua jam,” kata Arif disambut gelak tawa dari hadirin dan mahasiswa/i yang hadir di Grha Widya Wisuda (GWW), Jumat (15/9/2023).

Arif menjelaskan, pembangunan di kawasan sekitar kampus IPB Dramaga ini akan menjadi kota baru, dengan pusat pertumbuhan wilayah berbasis science-tech economy. Tentunya dengan akses tol yang lebih lancar.

“Karena itu kami harapkan dukungan Bapak Presiden, Bapak Gubernur Jawa Barat, Bupati Bogor, dan semua pihak yang bisa mensukseskan Dramaga University Town ini,” ujarnya.

Di samping itu, sambung Arif, dari sekian banyak inovasi yang dihasilkan oleh peneliti IPB University, tentunya IPB membutuhkan ruang untuk kolaborasi. Oleh karena itu, IPB University membangun Science Techno Park di Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. 

“Ini akan menjadi tempat di mana inovasi-inovasi IPB menyatu dengan komponen pembelajaran mahasiswa dan pemberdayaan riset pemberdayaan lain,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, ia pun mengundang Presiden RI untuk berkunjung ke Science Techno Park. Ia berharap Science Techno Park ini memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement