Jumat 15 Sep 2023 20:40 WIB

UI Kerja Sama dengan Osaka University Tingkatkan Penelitian

Pertukaran staf pengajar akan mendorong kolaborasi dalam proyek penelitian mendalam.

Red: Ani Nursalikah
Dekan Graduate School of Engineering Science/School of Engineering Science Osaka University, Prof. Shigeo Wada (kiri) menandatangani perjanjian kerja sama bersama Dekan FTUI, Prof. Heri Hermansyah (kanan).
Foto: ANTARA/ Foto: Humas UI
Dekan Graduate School of Engineering Science/School of Engineering Science Osaka University, Prof. Shigeo Wada (kiri) menandatangani perjanjian kerja sama bersama Dekan FTUI, Prof. Heri Hermansyah (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI) menjalin kerja sama dengan Osaka University untuk mendorong peningkatan penelitian dengan membuka peluang baru untuk inovasi dan penemuan yang dapat mengatasi masalah terkini di lingkup global.

Dekan FTUI Prof Heri Hermansyah di kampus UI, Depok, mengatakan, Osaka University memiliki tradisi akademis dan penelitian interdisiplin yang kuat. “Ini akan menciptakan kesempatan bagi dosen FTUI untuk mengajar di lingkungan akademik yang berbeda, menghadirkan perspektif baru dalam pengajaran, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di kedua institusi," katanya, Jumat (15/9/2023).

Baca Juga

Selain itu, pertukaran staf pengajar ini juga akan mendorong kolaborasi dalam proyek penelitian yang lebih mendalam, merangsang inovasi, dan menghasilkan penemuan-penemuan baru yang dapat memberikan dampak positif dalam skala global.

Ia mengatakan kerja sama dengan universitas terbaik dunia yang menempati peringkat 80 versi Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2024 ini, adalah contoh nyata dari upaya globalisasi pendidikan tinggi dan penelitian.

Di era yang penuh perubahan dan tantangan, upaya globalisasi pendidikan tinggi dan penelitian menjadi semakin penting. Hal ini dapat dicapai melalui kolaborasi internasional antara universitas.

FTUI sebelumnya bekerja sama dengan Joining and Welding Research Institute Osaka University, kali ini FTUI menandatangani kerja sama dengan Graduate School of Engineering Science/ School of Engineering Science Osaka University. Kolaborasi ini difokuskan pada kegiatan pertukaran pelajar dan faculty exchange untuk memfasilitasi para staf pengajar dan peneliti FTUI ke Osaka University.

Program pertukaran tersebut membuka pintu bagi mahasiswa dari kedua institusi untuk mendapatkan pengalaman belajar dan riset di lingkungan akademik yang berbeda. Hal ini tentunya membantu kedua belah pihak mengembangkan wawasan multikultural, kemampuan berbahasa, dan koneksi profesional yang berharga.

Selain itu, kerja sama ini akan memfasilitasi pertukaran penelitian antara dua institusi, yang akan memungkinkan peneliti FTUI dan Osaka University berkolaborasi dalam proyek-proyek ilmiah yang inovatif dan berdampak.

Dekan Graduate School of Engineering Science/School of Engineering Science Osaka University, Prof. Shigeo Wada mengatakan kerja sama dengan FTUI adalah langkah yang sangat penting baginya.

Osaka University dan FTUI memiliki sejarah panjang kerja sama dan masing-masing universitas memiliki pengalaman dan keahlian yang kuat di berbagai bidang ilmu teknik. "Kami yakin kolaborasi ini akan menghasilkan pencapaian ilmiah yang signifikan," katanya.

Rencana kolaborasi antara Osaka University dan FTUI tersebut disahkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama yang dilakukan oleh Prof. Heri Hermansyah dan Prof. Shigeo Wada di Osaka University.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement