Ahad 17 Sep 2023 22:18 WIB

Ingin Naikkan Gaji Guru, Ganjar: Kesejahteraan Pengajar Investasi Pendidikan

Ia yakin kenaikan gaji yang besar bisa tercapai secara bertahap.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Diskusi Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia di The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Ahad (17/9/2023).
Foto: Dok. FAPTS
Diskusi Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia di The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Ahad (17/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo secara tegas keinginannya untuk memuliakan dan mensejahterakan profesi guru dengan memberikan gaji yang layak bagi mereka. Ganjar yakin kenaikan gaji yang besar bisa tercapai secara bertahap. 

"(Gaji guru besar) bisa kita (naikan) lakukan secara bertahap. Karena harus dibaca lebih lengkap lagi dari obrolan saya," kata Ganjar seusai mengisi acara dalam 'Ganjar Menjawab Tantangan Masa Depan Indonesia', yang diadakan Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia di The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Ahad (17/9/2023).

Baca Juga

Menurut Ganjar, menyejahterakan guru merupakan bagian dari investasi pendidikan untuk menyambut bonus demografi. Bonus demografi akan menjadi hal baik bagi Indonesia apabila didukung infrastruktur dan gurunya yang berkualitas dan sejahtera. 

"Guru perlu mendapatkan perhatian yang bagus karena kita mendapatkan satu bonus demografi. Itu harus kita kelola dengan baik dan investasi pendidikan kita musti besar pada saat itu," ujar gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut. 

Mantan anggota DPR ini juga menyoroti tentang banyak lulusan universitas terbaik enggan menjadi guru karena pertimbangan ekonomi. Dengan meningkatkan pendapatan guru, Ganjar menilai akan ada lebih banyak lulusan yang tertarik untuk memilih karier pendidikan, yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

"Menurut saya ini bagian cara kita satu menghormati guru dan profesi ini menjadi sangat bergengsi, apalagi kita harus mengejar ketertinggalan," ucap pria dengan ciri khas rambut putih tersebut. 

Ganjar berharap bahwa upaya ini tidak hanya akan mengangkat martabat profesi guru, tetapi juga akan membawa kemakmuran bagi para pendidik di seluruh negeri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement