Senin 18 Sep 2023 13:16 WIB

The Nun II 'Bungkam' A Haunting in Venice, Raih Kesuksesan Fantastis di Box Office

The Nun II berhasil mempertahankan posisi teratas di box office.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film The Nun II. Film The Nun II meraih beberapa prestasi signifikan di box office global.
Foto: dok. Warner Bros
Salah satu adegan di film The Nun II. Film The Nun II meraih beberapa prestasi signifikan di box office global.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah mengalami beberapa tantangan selama pandemi, alam semesta The Conjuring kembali berada di jalurnya berkat film The Nun II. Film ini meraih beberapa prestasi signifikan di box office pada akhir pekan ini, meskipun bersaing dengan film ketiga dalam serial Hercule Poirot yang disutradarai oleh Kenneth Branagh, A Haunting in Venice.

Dilansir Collider pada Senin (18/9/2023), The Nun II berhasil mempertahankan posisi teratas di box office domestik untuk akhir pekan kedua berturut-turut. Film itu juga berhasil melewati angka 100 juta dolar AS (sekitar Rp 1,5 triliun) di pasar internasional dan mencapai angka 150 juta dolar AS (sekitar Rp 2,3 triliun) secara global.

Baca Juga

Dengan pendapatan domestik mencapai 56 juta dolar AS (sekitar Rp 860 miliar) dan 102 juta dolar AS (sekitar Rp 1,5 triliun) dari pasar internasional, sekuel film horor ini telah mengumpulkan total pendapatan sebesar 158 juta dolar AS (sekitar Rp 2,4 triliun) di seluruh dunia hanya dalam waktu sekitar 10 hari setelah peluncurannya. The Nun II berhasil mengatasi persaingan dari A Haunting in Venice dan menambahkan 30 juta dolar AS (sekitar Rp 461 miliar) lagi ke pendapatan kotornya pada akhir pekan ini.

Sekarang, film ini diputar di 72 pasar internasional, dengan kinerja terbaik di Meksiko (9,3 juta dolar AS atau Rp 142 miliar), Brasil (4,4 juta dolar AS atau Rp 67 miliar), Indonesia (4,4 juta dolar AS atau Rp 67 miliar), Italia (3,2 juta dolar AS atau Rp 49 miliar), dan Prancis (3,1 juta dolar AS atau Rp 47 miliar pada akhir pekan pembukaan). Beberapa pasar utama yang masih akan membuka film ini termasuk Jerman (21 September) dan Austria (22 September), diikuti oleh Korea (27 September) dan Jepang (13 Oktober).

Menurut Warner Bros, The Nun II berhasil melampaui performa film-film lain dalam alam semesta The Conjuring di pasar serupa, kecuali film pertama The Nun. Film pertama The Nun, yang dirilis pada 2018 dan disutradarai oleh Corin Hardy, tetap menjadi film paling sukses dalam seri ini di seluruh dunia dengan pendapatan mencapai 365 juta dolar AS (sekitar Rp 5,6 triliun).

Film ini juga memegang rekor pembukaan domestik tertinggi dalam sejarah seri dengan 53 juta dolar AS (sekitar Rp 814 miliar). Seri The Conjuring mungkin adalah satu-satunya contoh dari alam semesta bersama pasca-Marvel yang sukses secara objektif.

Setiap film dalam seri ini telah meraup lebih dari 200 juta dolar AS (sekitar Rp 3 triliun) di seluruh dunia, termasuk The Conjuring: The Devil Made Me Do It yang dirilis selama era pandemi, kecuali The Curse of La Llorona pada 2019. Kedua film tersebut disutradarai oleh Michael Chaves, yang juga menyutradarai The Nun II.

Chaves baru-baru ini mengeklaim bahwa La Llorona sebaiknya tidak dianggap sebagai bagian dari seri Conjuring. Film ini meraih pendapatan global sebesar 123 juta dolar AS (sekitar Rp 1,8 triliun), sementara The Conjuring 3 berhasil mengumpulkan 206 juta dolar AS (sekitar Rp 3,1 triliun) di seluruh dunia meskipun dirilis secara bersamaan di layanan streaming Max sebagai bagian dari strategi kontroversial Warner Bros pada 2021.

Waralaba ini akan terus berlanjut dengan The Conjuring: Last Rites yang saat ini belum memiliki tanggal rilis. Dengan latar belakang di Prancis pada 1950-an, The Nun II menampilkan Taissa Farmiga yang kembali sebagai Sister Irene dan Bonnie Aarons sebagai Nun/Valak tituler.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لٰكِنِ الرَّاسِخُوْنَ فِى الْعِلْمِ مِنْهُمْ وَالْمُؤْمِنُوْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْكَ وَمَآ اُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ وَالْمُقِيْمِيْنَ الصَّلٰوةَ وَالْمُؤْتُوْنَ الزَّكٰوةَ وَالْمُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ اُولٰۤىِٕكَ سَنُؤْتِيْهِمْ اَجْرًا عَظِيْمًا ࣖ
Tetapi orang-orang yang ilmunya mendalam di antara mereka, dan orang-orang yang beriman, mereka beriman kepada (Al-Qur'an) yang diturunkan kepadamu (Muhammad), dan kepada (kitab-kitab) yang diturunkan sebelummu, begitu pula mereka yang melaksanakan salat dan menunaikan zakat dan beriman kepada Allah dan hari kemudian. Kepada mereka akan Kami berikan pahala yang besar.

(QS. An-Nisa' ayat 162)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement