Selasa 19 Sep 2023 12:16 WIB

The Nun II Sukses di Box Office, Lanjut ke The Nun III?

The Nun merupakan spin-off dari The Conjuring karya James Wan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film The Nun II. Mungkinkah film ini akan berlanjut ke The Nun III?
Foto: dok. Warner Bros
Salah satu adegan di film The Nun II. Mungkinkah film ini akan berlanjut ke The Nun III?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Valak kembali menghantui Conjuring Verse melalui film The Nun II. Keberhasilan film ini di box roffice membuka peluang adanya kelanjutan kisah untuk The Nun III.

The Nun adalah spin-off dari The Conjuring karya James Wan, waralaba horor yang berfokus pada Ed dan Lorraine Warren. Namun, The Nun terjadi beberapa dekade sebelum The Conjuring, berlatar Eropa pada 1950-an. Sama seperti saudara spin-off Annabelle, film-film The Nun berfokus pada entitas tertentu yang ditemui oleh Warrens - Valak, Nun tituler. Sekuel dari The Nun 2018 tiba pada 2023, dan sementara The Nun II menyiapkan The Conjuring: Last Rites yang akan datang, sudah ada permintaan untuk seri spin-off The Nun dari Conjuring untuk menjadi trilogi.

Baca Juga

Dalam The Nun II, Valak merasuki Maurice, karakter yang hadir di beberapa film Conjuring termasuk The Nun. Namun, di akhir film, Suster Irene berhasil menyelamatkan Maurice dan mengusir Valak kembali ke neraka. Maurice tampaknya sudah sembuh, tapi pandangan sekilas dari Sister Irene menunjukkan bahwa dia masih jauh dari yakin Valak telah pergi untuk selamanya.

Sejak Biarawati menemukan jalannya ke Warren di The Conjuring, jelas bahwa kekhawatiran Sister Irene beralasan, yang berarti pasti ada alasan naratif untuk melanjutkan waralaba dengan The Nun III. Belum ada berita apa pun tentang The Nun III, dan tidak pernah disebut-sebut sebagai bagian dari rencana James Wan untuk film mendatang di dunia The Conjuring.

Namun, sutradara The Nun II Michael Chavez berbicara kepada SFX Magazine pada Agustus 2023. Dari sudut pandangnya, pasti ada ruang untuk memperluas cerita lebih jauh dengan The Nun III.

“Ada kalimat (di The Nun II): 'Iblis tidak terbatas.' Saya menyukai gagasan bahwa dia selalu berada di sini dalam bentuk yang berbeda. Saya pikir masih ada lagi cerita tentang Valak sang biarawati iblis yang perlu diceritakan,” kata Chavez, dilansir Screenrant, Selasa (19/9/2023).

Saat ditanya cerita seperti apa yang bisa terjadi di The Nun III dan bagaimana cerita tersebut cocok dengan dunia The Conjuring yang lebih luas, Chavez membahas tentang Maurice. “Siapapun yang menonton Conjuring pertama tahu bahwa Maurice dirasuki, dan diusir oleh keluarga Warren, dan kita tahu bahwa hal itu terjadi di akhir tahun 60an dalam timeline Conjuring,” kata dia.

The Nun II sendiri masih berlatar tahun 1950-an. Peristiwa yang terjadi di antara waktu ini mulai mengisi cerita itu sedikit demi sedikit. Jika The Nun III segera dikonfirmasi, kemungkinan besar penantiannya masih lama. The Nun dirilis pada 2018, dan baru pada 2023, atau lima tahun kemudian, The Nun II tiba. Belum ada konfirmasi bahwa The Nun III ada, tetapi realistis untuk mengharapkannya rilis paling cepat pada 2026.

Waralaba spin-off Conjuring berfokus pada Valak, seorang Iblis, yang bisa muncul lagi kapan saja dalam sejarah. Ini berarti satu-satunya pemeran yang dijamin muncul adalah Bonnie Adams sebagai Valak dalam wujud Nun. Selalu ada kemungkinan bahwa The Nun III menampilkan daftar karakter manusia yang benar-benar baru, seperti yang dimiliki banyak sekuel horor di waralaba lain pada masa lalu.

Namun, jika melanjutkan langsung dari ending The Nun II, ada beberapa pemeran yang kemungkinan akan muncul di The Nun III. Ini adalah Taissa Farmiga sebagai Suster Irene, Jonas Bloquet sebagai Maurice/Frenchie, Storm Reid sebagai Sister Debra.

Jika The Nun III memutuskan mengakhiri trilogi dengan menunjukkan secara lengkap bagaimana Valak diusir dari Frenchie untuk selamanya, hampir dapat dipastikan bahwa Patrick Wilson dan Vera Farmiga akan mengulangi peran mereka sebagai Ed dan Lorraine Warren. Kemungkinan juga akan ada beberapa karakter baru yang ditambahkan ke pemeran jika film ketiga The Nun dikonfirmasi.

Adegan pascacredit The Nun II menghadirkan kembali Ed dan Lorraine Warren, tetapi ini secara luas dianggap sebagai set-up The Conjuring 4 (berjudul The Conjuring: Last Rites) daripada The Nun III. Komentar dari sutradara Michael Chavez menunjukkan bahwa masih ada beberapa tahun yang belum terhitung terkait Nun dan Frenchie di timeline Conjuring

The Nun III bisa menunjukkan Valak kembali ke Maurice sekali lagi, berakhir sekali lagi sebelum dia bertemu keluarga Warren. Atau film ketiga dalam waralaba tersebut dapat membawa Warren ke dalam spin-off franchise sepenuhnya, yang akhirnya menunjukkan pertemuan pertama mereka dengan Valak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement