Rabu 20 Sep 2023 11:21 WIB

Prestasi Membaik, Timnas Basket Putra dan Putri Indonesia Kompak Naik Peringkat Dunia

Kenaikan peringkat ini diharapkan jadi modal bagus timnas basket di Asian Games 2022.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Timnas bola basket putri Indonesia.
Foto: dok Perbasi
Timnas bola basket putri Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas bola basket Indonesia menunjukkan progres bagus. Ini ditunjukkan dari peringkat timnas elite putra ataupun putri di klasemen Federasi Bola Basket Indonesia (FIBA).

Dalam up-date klasemen pada 10 September 2023, timnas elite putri naik 12 peringkat. Timnas basket putri kini berada di peringkat ke-51 dunia dengan 145,4 poin. Adapun pemuncak klasemen dikuasai Amerika Serikat (AS) dengan 834,6 poin.

Baca Juga

Kemudian untuk timnas elite putra mengalami kenaikan 11 peringkat dari rekapan 21 Agustus 2023 lalu. Pada klasemen terbaru, 10 September 2023, kini pasukan Merah Putih berada di peringkat ke-74 dengan koleksi 123,1 poin. Sedangkan untuk peringkat pertama ditempati AS dengan modal 786.6 poin, menggusur Spanyol.

Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi mengapresiasi perbaikan peringkat ini. Sekjen wanita pertama di federasi bola basket Indonesia itu mengatakan, perbaikan peringkat di FIBA ini menunjukkan saat ini bola basket Indonesia berada di rel yang benar.

“Bukan pekerjaan yang mudah menaikkan peringkat di klasemen FIBA. Butuh kerja keras dan prestasi yang konsisten. Perbaikan posisi di klasemen ini menunjukkan apa yang kita lakukan selama ini sudah sesuai untuk bola basket lebih baik,” kata Nirmala menjelaskan.

Ketum PP Perbasi Danny Kosasih mengatakan, perbaikan peringkat ini seharusnya menjadi motivasi tersendiri bagi timnas bola basket Indonesia. Mengingat, pada 23 September hingga 8 Oktober 2023, skuad Garuda berjuang di Asian Games Hangzhou, Cina.

“Perbaikan peringkat ini menunjukkan bahwa bola basket Indonesia mengalami peningkatan. Saya berharap situasi yang positif ini menjadi semangat tersendiri bagi pemain timnas saat berjuang di Asian Games Hangzhou nanti,” ujar Danny.

Sementara itu, pananggung jawab timnas elite putri Christopher Widjaja menjelaskan, perjuangan timnas putri sudah sesuai harapan. Di awal mengurusi timnas putri, targetnya adalah menaikkan peringkat FIBA.

“Target saya sudah tercapai. Pertama, saya diberikan mandat ini oleh Pak Ketum, target saya adalah juara SEA Games dan membantu menaikkan FIBA Ranking,” kata Christopher menjelaskan.

Timnas Putri juara di SEA Games Kamboja untuk kategori 5on5. Kemudian untuk ranking FIBA, naik dua kali.

“Pada 2021, naik 13 dan 2023 naik 12. Kemudian bonus pencapaian adalah juara FIBA Women’s Asia Cup 2023 Division B yang membuat kita promosi ke Divisi A,” kata Koh Itop, sapaan karib Christopher.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement