Rabu 20 Sep 2023 12:55 WIB

Lebih dari 7.000 Produk China Dapat Sertifikat Halal Lewat LPPOM MUI

LPPOM MUI telah memiliki empat kantor perwakilan di luar negeri, termasuk di China.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Lida Puspaningtyas
Direktur Kantor Perwakilan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Shanghai Dawood Su (kanan) berbicara dalam pertemuan Wapres RI Ma
Foto: ANTARA/Desca Lidya Natalia
Direktur Kantor Perwakilan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Shanghai Dawood Su (kanan) berbicara dalam pertemuan Wapres RI Ma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- LPPOM MUI telah memiliki empat kantor perwakilan di luar negeri, salah satunya di China. Keberadaan kantor LPPOM MUI di luar negeri sangat mendukung program percepatan sertifikasi halal yang diusung Pemerintah Indonesia.

“Kantor perwakilan kami di China telah diinisiasi sejak 2007. Keberadaan kantor perwakilan kami di Shanghai mempermudah sertifikasi halal produk asal China yang pada akhirnya akan mendukung pemerintah dalam memenuhi ketersedian bahan baku pangan, farmasi, dan kosmetik yang halal sehingga program sertifikasi 10 juta produk halal 2024 akan lebih mudah,” kata Direktur Utama LPPOM MUI, Muti Arintawati, dalam penjelasannya ketika menerima Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin yang berkunjung ke Kantor Perwakilan LPPOM MUI di China, Senin (18/9/2023).

Sampai saat ini, lebih dari 1.000 perusahaan dan lebih dari 7.000 produk di Cina telah memperoleh sertifikat halal melalui kantor perwakilan LPPOM MUI Shanghai. Cakupan perusahaan meliputi kategori bahan baku makanan, minuman dan pangan olahan, vitamin dan suplemen, enzim, kosmetik, serta obat-obatan dan vaksin.

Pada 2022, LPPOM MUI telah memperlebar kerja sama dengan Shanghai SAPH Pharma Co. Ltd (SAPH Pharm) terkait laboratorium pengujian berupa animal DNA testing, porcine DNA testing, dan jenis DNA testing dari hewan lainnya, seperti sapi, ayam, kambing, ikan, domba/biri-biri.