Kamis 21 Sep 2023 13:40 WIB

Lima Kabupaten di Aceh Banjir Dipicu Hujan Deras

Hujan intensitas tinggi melanda Aceh dua hari terakhir.

Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: ANTARA FOTO/Rahmad
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Sebanyak lima kabupaten di Aceh dilanda banjir yang dipicu curah hujan dengan intensitas tinggi sejak dua hari terakhir di daerah itu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas mengatakan, hingga saat ini permukiman warga di sebagian wilayah kabupaten itu masih terendam banjir, tapi ada juga daerah yang debit air sudah mulai surut.

Baca Juga

“Banjir terjadi di Kabupaten Bireuen, Aceh Singkil, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya dan Simeulue,” kata Ilyas melalui keterangan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana BPBA, Kamis (21/9/2023).

Ia menjelaskan di Bireuen banjir merendam 22 gampong atau desa di dua kecamatan, sehingga berdampak pada 3.133 jiwa atau 974 kepala keluarga (KK). Di Kecamatan Jeumpa terdapat delapan gampong dan Kecamatan Peudada 14 gampong terendam banjir.

"Kondisi terakhir air sudah surut,” kata dia.

Ia mengatakan, empat kabupaten lain yang masih digenangi banjir dan tanah longsor dipicu hujan deras, seperti di Aceh Singkil yang berdampak pada tiga gampong dalam satu kecamatan. Petugas masih terus melakukan pendataan terhadap korban terdampak dan warga yang mengungsi.

“Saat ini banjir dan longsor masih terjadi serta kendaraan belum bisa melewati,” ujarnya.

Di Aceh Selatan, ujar dia, banjir melanda 14 gampong di tujuh kecamatan. Ketinggian air yang merendam permukiman warga dan badan jalan di daerah itu rata-rata 30 hingga 80 centimeter.

Sebanyak tujuh kecamatan yang terendam meliputi Bakongan, Labuhanhaji Barat, Tapaktuan, Samadua, Sawang, PasieRaja, dan Kluet Tengah. Petugas BPBD Aceh Selatan juga masih melakukan pendataan terhadap korban terdampak dan pengungsi.

“Air masih menggenangi permukiman dan jalan nasional. Hujan lebat masih mengguyur di beberapa wilayah,” ujarnya.

Banjir juga merendam 10 gampong di empat kecamatan di Aceh Barat Daya, meliputi Lembah Sabil, Susoh, Blangpidie, dan Jeumpa. Air juga masih menggenangi permukiman warga, sedangkan petugas masih melakukan pendataan korban terdampak.

Ia mengatakan, banjir juga merendam sembilan gampong di tiga kecamatan di Simeulue, yakni Simeulue Timur, Teupah Tengah, dan Teupah Barat. Selain melakukan pendataan warga terdampak, petugas juga mengerahkan perahu karet untuk mengevakuasi warga.

“BPBD Simeulue mengerahkan perahu karet ke lokasi banjir guna mengevakuasi masyarakat yang tergenang banjir. Kondisi terakhir air masih menggenangi permukiman,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement