Jumat 22 Sep 2023 09:13 WIB

Perhatikan Adab-Adab Ini ketika Menguap Ngantuk

Menguap ngantuk jangan sampai mengganggu orang lain.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Seseorang mengantuk.
Foto: www.freepik.com
Seseorang mengantuk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menguap merupakan mekanisme tubuh untuk meningkatkan jumlah oksigen dalam tubuh. Namun, seorang Muslim seyogianya menjaga adab-adab ketika menguap. Salah satunya adalah jangan sampai bersuara ketika menguap. Sebab, hal tersebut membuat setan tertawa. 

التَّثَاؤُبُ مِنْ الشَّيْطَانِ فَإِذَا تَثَاءَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ فَإِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا قَالَ هَا ضَحِكَ الشَّيْطَانُ 

Baca Juga

“Menguap itu dari setan. Maka bila seorang dari kalian menguap hendaklah sedapat mungkin ditahannya karena bila seseorang dari kalian menguap dengan mengeluarkan suara haa, setan akan tertawa.” (Imam Bukhari dalam al-Jami' al-Sahih)

Tentang lafadz (التَّثَاؤُبُ مِنْ الشَّيْطَانِ) menguap itu dari setan menurut pendapat Imam Nawawi sebagaimana dituliskan Al Mubarakfuri dalam Tuhfatul Ahwadzi bahwa bukan berati menguap itu asalnya dari setan. Tapi melainkan kalimat tersebut sebagai peringatan Rasulullah untuk menjauhi hal-hal yang menyebabkan menguap. Contohnya makan terlalu banyak sebab itu akan membuat badan gemuk dan menjadi malas.