Jumat 22 Sep 2023 16:57 WIB

Makin Bersinar Bersama Arsenal, Odegaard Teken Kontrak Anyar

Odegaard telah menandatangani kontrak anyar berdurasi lima tahun.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Gelandang Arsenal Martin Odegaard
Foto: AP Photo/Kin Cheung
Gelandang Arsenal Martin Odegaard

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Martin Odegaard resmi memperbarui kontrak bersama Arsenal. Gelandang serang asal Norwegia itu telah menandatangani kontrak anyar berdurasi lima tahun dan diharapkan terus membela The Gunners hingga pertengahan 2028 mendatang.

Odegaard mulai membela Arsenal pada pertengahan musim 2020/2021. Saat itu, gelandang serang berusia 24 tahun itu didatangkan dengan status sebagai pemain pinjaman dari Real Madrid. Odegaard mencatatkan 20 penampilan dan berhasil menyumbang dua gol dan dua assist buat Arsenal di semua ajang.

Baca Juga

Catatan ini sudah cukup membuat manajemen The Gunners untuk mengubah status kepindahan Odegaard pada musim berikutnya. Dengan biaya transfer mencapai 35 juta euro, gelandang serang timnas Norwegia itu resmi secara permanen hijrah ke Arsenal pada awal musim 2021/2022.

Odegaard diikat dengan kontrak berdurasi empat tahun, dengan tambahan opsi setahun, pada awal hijrah permanen dari Los Blancos. Kini, durasi kontrak Odegaard itu diperpanjang dengan penandantangan kontrak anyar. ''Odegaard telah menandantangani kontrak jangka panjang dengan klub,'' tulis pernyataan resmi Arsenal, Jumat (21/9/2023).

Eks gelandang serang Stormgodset itu pun secara perlahan menjadi andalan baru The Gunners. Pada musim pertama sebagai rekrutan permanen The Gunners, Odegaard tampik di 40 partai dan menyumbang tujuh gol serta lima assist di semua ajang, Performa The Gunners pun kian menanjak.

Puncaknya pada musim lalu, Odegaard yang dipercaya memegang ban kapten membawa the Gunners bersaing di perebutan gelar juara Liga Primer Inggris. Meski gagal bersaing dengan Manchester City dan finis sebagai runner-up, Arsenal berhasil mengamankan satu tiket berlaga di Liga Champions musim ini.

Pada musim lalu, Odegaard hanya satu kali absen di arena Liga Primer Inggris dan mengemas 15 gol dan enam assist. Konsistensi performa Odegaard pun tetap terjaga pada musim ini. Tidak pernah absen di tujuh laga yang dilakoni The Gunners pada musim ini, Odegaard sudah mencetak tiga gol.

Kontribusi Odegaard pun tidak sebatas dengan torehan gol. Odegaard dianggap menjadi motor utama serangan The Gunners. Pengakuan terhadap kemampuan Odegaard pun datang saat Odegaard terpilih sebagai pemain terbaik saat Arsenal membungkam PSV Eindhoven, 4-0, di laga pembuka penyisihan Grup B Liga Champions, Kamis (21/9/2023) dini hari WIB.

''Dengan berbagai alasan, menerima perpanjangan kontrak adalah keputusan yang mudah buat saya. Apa yang dilakukan klub ini pada saat ini adalah sesuatu yang spesial dan saya ingin menjadi bagian dari hal itu. Saya telah menemukan klub yang bisa saya sebut sebagai rumah,'' kata Odegaard, yang pernah dipinjamkan ke empat klub berbeda saat masih berstatus penggawa Los Blancos.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement