Sabtu 23 Sep 2023 12:44 WIB

Rudal Ukraina Hantam Markas Besar Angkatan Laut Rusia di Laut Hitam

Pertahanan udara Ukraina telah menjatuhkan total lima rudal

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
 Setidaknya satu rudal Ukraina menghantam markas besar angkatan laut Laut Hitam Rusia di pelabuhan Krimea, Sevastopol, pada Jumat (22/9/2023)
Foto: AP
Setidaknya satu rudal Ukraina menghantam markas besar angkatan laut Laut Hitam Rusia di pelabuhan Krimea, Sevastopol, pada Jumat (22/9/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, SEVASTOPOL -- Setidaknya satu rudal Ukraina menghantam markas besar angkatan laut Laut Hitam Rusia di pelabuhan Krimea, Sevastopol, pada Jumat (22/9/2023). Tak hanya itu, sebuah serangan siber besar-besaran mengganggu layanan internet di wilayah semenanjung yang dianeksasi Moskow tersebut, demikian ungkap para pejabat Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa seorang prajuritnya hilang setelah serangan tersebut. Pernyataan ini merevisi komentar sebelumnya bahwa prajurit tersebut telah tewas. Pertahanan udara Ukraina telah menjatuhkan total lima rudal, kata kementerian itu.

Baca Juga

Militer Ukraina mengkonfirmasi bahwa mereka telah menyerang markas armada Laut Hitam Rusia, namun hanya memberikan sedikit rincian. "Pada 22 September menjelang pukul 12:00 (0900 GMT) pasukan pertahanan Ukraina berhasil menyerang markas komando armada Laut Hitam Rusia di Sevastopol yang diduduki untuk sementara waktu," demikian pernyataan di aplikasi pesan Telegram.

Gubernur Sevastopol yang ditunjuk oleh Rusia, Mikhail Razvozhayev, melaporkan bahwa layanan darurat telah mengendalikan kebakaran di gedung tersebut. "Namun, tahap pekerjaan yang sama pentingnya kini sedang berlangsung secara aktif - penyiraman air ke bagian-bagian bangunan dan pembongkaran struktur yang rusak," tulisnya di Telegram.