Sabtu 23 Sep 2023 14:54 WIB

Di PBB Presiden Kolombia Kecam Barat yang Munafik, Bela Ukraina Tapi tak Bela Palestina

Negara yang kutuk Rusia adalah negara yang sama yang menginvasi Irak, Suriah, Libya

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Presiden Kolombia Gustavo Petro mengecam Barat yang membela Ukraina mati-matian tetapi tidak membela Palestina
Foto: AP
Presiden Kolombia Gustavo Petro mengecam Barat yang membela Ukraina mati-matian tetapi tidak membela Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Dalam pidatonya di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNGA) di New York pada Jumat (22/9/2023), Presiden Kolombia Gustavo Petro mengecam Barat atas kemunafikannya. Hal itu terkait kebijakan Barat yang mati-matian membela Ukraina dengan terus memberi suplai senjata tetapi angkat tangan dengan konflik dan pendudukan yang terjadi di Palestina.

Menurut Petro ini bukti bahwa negara-negara Barat dan negara maju telah mendedikasikan dirinya dan upaya-upaya untuk perang daripada pembangunan kemanusiaan.

Baca Juga

"Kita tidak berpikir tentang bagaimana memperluas kehidupan ke bintang-bintang, melainkan bagaimana mengakhiri kehidupan di planet kita sendiri," katanya, mengkritik Barat yang menyeret sebanyak mungkin negara ke dalam konflik di Ukraina.

"Amerika Latin telah dipanggil untuk memproduksi mesin perang, orang-orang untuk pergi ke ladang pembunuhan. Mereka lupa bahwa negara-negara kita telah diinvasi beberapa kali oleh orang-orang yang sama yang sekarang berbicara tentang memerangi invasi," kata Petro.

Presiden Kolombia Gustavo Petro tidak ragu-ragu untuk mengingatkan bahwa negara-negara yang mengutuk Rusia telah menginvasi Irak, Suriah, dan Libya dengan tujuan untuk mengambil minyak mereka.

"Mereka lupa bahwa alasan yang sama yang mereka gunakan untuk membela Zelensky, adalah alasan yang sama yang seharusnya digunakan untuk membela Palestina," tegasnya dikutip dari Middle East Eyes, Sabtu (23/9/2023)

"Mereka tidak memiliki 100 miliar dolar AS untuk diberikan kepada negara-negara untuk mempertahankan diri dari banjir, badai, dan angin topan. Namun mereka memiliki uang itu dalam satu hari untuk membiarkan Rusia dan Ukraina saling membunuh."

Ukraina tidak mendapatkan reputasi yang baik di UNGA tahun ini seperti yang diharapkannya, mengingat bahkan negara-negara Eropa Timur telah mengendurkan retorika mereka dalam mendukung Ukraina. Bahkan tidak berminat dalam pengiriman senjata ke sana.

Eropa sendiri berpikir dua kali untuk memberikan bantuan kepada Ukraina menjelang pemilihan umum regional mereka. Negara-negara Polandia, Slovakia, dan negara-negara lain yang terletak di Eropa Tengah dan Timur, yang telah menjadi pendukung setia Ukraina dalam konflik, kini menghadapi tantangan pemilihan ulang dan masalah-masalah domestik lainnya - membuat dukungan untuk Ukraina memudar sedikit demi sedikit.

Contoh yang paling baru dan mengejutkan adalah Polandia. Perdana Menteri Mateusz Morawiecki telah mengumumkan pada hari Rabu bahwa pengiriman senjata baru ke Ukraina telah dihentikan. Ini yang mungkin akan meningkatkan perselisihan yang telah meningkat antara kedua negara terkait pengiriman biji-bijian, yang diklaim oleh Polandia telah melemahkan produksi lokal dari para petani Polandia.

Dalam sebuah penampilan di saluran televisi Polandia, Polsat, Morawiecki mengatakan pihaknya tidak lagi mengirimkan senjata ke Ukraina. "Karena kami sekarang mempersenjatai Polandia dengan senjata-senjata yang lebih modern."

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا جَاۤءَكُمُ الْمُؤْمِنٰتُ مُهٰجِرٰتٍ فَامْتَحِنُوْهُنَّۗ اَللّٰهُ اَعْلَمُ بِاِيْمَانِهِنَّ فَاِنْ عَلِمْتُمُوْهُنَّ مُؤْمِنٰتٍ فَلَا تَرْجِعُوْهُنَّ اِلَى الْكُفَّارِۗ لَا هُنَّ حِلٌّ لَّهُمْ وَلَا هُمْ يَحِلُّوْنَ لَهُنَّۗ وَاٰتُوْهُمْ مَّآ اَنْفَقُوْاۗ وَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ اَنْ تَنْكِحُوْهُنَّ اِذَآ اٰتَيْتُمُوْهُنَّ اُجُوْرَهُنَّۗ وَلَا تُمْسِكُوْا بِعِصَمِ الْكَوَافِرِ وَسْـَٔلُوْا مَآ اَنْفَقْتُمْ وَلْيَسْـَٔلُوْا مَآ اَنْفَقُوْاۗ ذٰلِكُمْ حُكْمُ اللّٰهِ ۗيَحْكُمُ بَيْنَكُمْۗ وَاللّٰهُ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila perempuan-perempuan mukmin datang berhijrah kepadamu, maka hendaklah kamu uji (keimanan) mereka. Allah lebih mengetahui tentang keimanan mereka; jika kamu telah mengetahui bahwa mereka (benar-benar) beriman maka janganlah kamu kembalikan mereka kepada orang-orang kafir (suami-suami mereka). Mereka tidak halal bagi orang-orang kafir itu dan orang-orang kafir itu tidak halal bagi mereka. Dan berikanlah kepada (suami) mereka mahar yang telah mereka berikan. Dan tidak ada dosa bagimu menikahi mereka apabila kamu bayar kepada mereka maharnya. Dan janganlah kamu tetap berpegang pada tali (pernikahan) dengan perempuan-perempuan kafir; dan hendaklah kamu minta kembali mahar yang telah kamu berikan; dan (jika suaminya tetap kafir) biarkan mereka meminta kembali mahar yang telah mereka bayar (kepada mantan istrinya yang telah beriman). Demikianlah hukum Allah yang ditetapkan-Nya di antara kamu. Dan Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.

(QS. Al-Mumtahanah ayat 10)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement