Sabtu 23 Sep 2023 20:30 WIB

Enam Keunikan New Murabba

Putra Mahkota meluncurkan New Murabba

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Mukaab, bangunan tinggi yang akan dibangun Arab Saudi di Riyadh
Foto: Arab News
Mukaab, bangunan tinggi yang akan dibangun Arab Saudi di Riyadh

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH — Putra Mahkota Mohammad bin Salman, Perdana Menteri sebagai Ketua New Murabba Development Company (NMDC), meluncurkan proyek New Murabba. 

Dilansir di Saudi Gazette, Saudi menargetkan proyek ini akan menjadi pusat kota modern terbesar di dunia.  Ini juga merupakan sebuah perkotaan yang tidak hanya akan mendefinisikan kembali cakrawala kota tetapi juga meningkatkan kualitas hidup penduduknya. Enam keunikan Murabba baru di antaranya,

Baca Juga

Visi futuristik di jantung kota Riyadh

Proyek New Murabba merupakan visi futuristik. Meliputi area seluas 19 kilometer persegi, hotel ini akan menawarkan luas lantai lebih dari 25 juta meter persegi, menandai era kehidupan perkotaan yang tiada duanya. Terletak di persimpangan jalan Raja Salman dan Raja Khalid di barat laut Riyadh, pembangunan ini bertujuan untuk menjadi pusat modernitas dan inovasi.

Keberlanjutan dan kualitas hidup

Salah satu landasan proyek Murabba baru adalah komitmennya yang teguh terhadap keberlanjutan. Kota masa depan akan terintegrasi dengan kawasan hijau, jalur pejalan kaki dan bersepeda yang mendukung gaya hidup sehat, aktif, dan aktivitas masyarakat yang dinamis. Pendekatan ini tidak hanya mendefinisikan kembali kehidupan perkotaan tetapi juga menata ulang.

Transformasi Ekonomi

Proyek Murabba baru bukan hanya tentang mengubah gedung-gedung tinggi tetapi tentang mengubah hidup. Pada tahun 2030, sektor ini diperkirakan akan memberikan kontribusi sebesar 180 miliar riyal terhadap PDB non-minyak dan menciptakan 334 ribu lapangan kerja langsung dan tidak langsung. Ini bukan hanya sebuah perkembangan melainkan transformasi ekonomi yang siap menjamin masa depan Riyadh.

Dunia penuh kemungkinan dalam jangkauan

Dalam radius 15 menit berjalan kaki, penghuni dan pengunjung akan larut dalam dunia yang penuh dengan berbagai hal modern. Fasilitas komunitas mutakhir, ruang rekreasi, tempat hiburan, dan pusat budaya akan berada di genggaman. Universitas teknologi dan desain tercanggih, teater multiguna yang imersif, dan museum ikonik semuanya akan menambah semarak Murabba baru.

Pusat perumahan dan perdagangan

Dengan 1,4 juta meter persegi ruang perkantoran, lebih dari 980 ribu meter persegi ruang ritel, lebih dari 104 ribu unit hunian, dan sembilan ribu kamar hotel, Murabba baru dirancang untuk menjadi pusat perumahan dan perdagangan yang ramai. Ini bukan sekadar tempat tinggal tetapi juga tempat untuk berkembang.

Mukaab adalah sebuah mercusuar inovasi

Di jantung Murabba baru berdiri "Mukaab", sebuah mahakarya arsitektur yang akan menjadi salah satu bangunan terbesar di dunia. Dengan tinggi, lebar, dan panjang 400 meter, bangunan ini akan mencakup luas lantai dua juta meter persegi. Desain kubik memastikan penggunaan ruang yang efisien, menampung teknologi mutakhir. Dengan gaya arsitektur Najdi modern dan perpaduan teknologi digital dan virtual, "Mukaab" menawarkan pengalaman yang benar-benar mendalam. 

Di atas basis spiral, kawasan ini akan menjadi tuan rumah perhotelan premium, ritel, atraksi budaya dan wisata, unit perumahan dan hotel, ruang komersial, dan fasilitas rekreasi. "Mukaab" bukan hanya sebuah landmark; ini adalah bukti inovasi.

Proyek Murabba baru dirancang untuk merevolusi Riyadh, mengantarkan era modernitas, keberlanjutan, dan pertumbuhan ekonomi. Ini bukan sekadar perkembangan, ini adalah transformasi kota dan cara hidup.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement