Ahad 24 Sep 2023 09:03 WIB

Blok Warim Papua, 'Harta Karun' Migas Segera Dilelang

Eksplorasi Blok Warim tidak akan mengganggu kawasan hutan lindung.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolandha
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyampaikan Blok Warim di Papua
Foto: Dok SKK Migas
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyampaikan Blok Warim di Papua

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyampaikan Blok Warim di Papua yang menyimpan cadangan minyak dan gas bumi bahkan disebut melebihi Blok Masela akan segera dilelang. Pemerintah juga akan mempromosikan blok tersebut agar diketahui oleh para perusahaan kontraktor. 

“Lagi disiapkan, kita promosikan dulu. Kita mau lelang kalau pada tidak tahu di awal-awal ini kan gimana. Sudah ada spot-spot-nya,” kata Menteri ESDM, Arifin Tasrif di Badung, Bali, akhir pekan ini. 

Baca Juga

Arifin pun menyebut, sudah terdapat perusahaan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang menyatakan minat untuk melakukan pendalaman terhadap blok tersebut. Namun, Arifin enggan menyebut detail. 

“Bule. Pokoknya bule (luar negeri),” katanya singkat. 

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Dwi Sutjipto, menuturkan blok tersebut siap ditender setelah lelang dibuka oleh Kementerian ESDM. 

Ia pun memastikan, eksplorasi Blok Warim tidak akan mengganggu kawasan hutan lindung yang terdapat di wilayah tersebut. Seperti diketahui, area Blok Warim bersinggungan langsung dengan kawasan hutan lindung sehingga perlu dipastikan tak akan berdampak pada lingkungan. 

“Kita garap yang tidak ada persinggungan itu,” ujarnya. 

Sebelumnya, Menteri ESDM Arifin Tasrif, mengatakan cadangan gas yang dimiliki Blok Warim dua kali lipat dari cadangan Blok Masela dan Blok Natuna.

Potensi minyak blok tersebut mencapai 25,9 juta barel minyak dan gas bumi mencapai 47,37 triliun kaki kubik. "Ini merupakan salah satu potensi cadangan yang besar dan mampu memperkuat pasokan migas di wilayah timur Indonesia," ujar Arifin.

Namun, kata Arifin untuk bisa mengembangkan Blok Warim, Kementerian ESDM harus lebih dulu melakukan kordinasi dengan Kementerian LHK sebab, potensi cadangan ditemukan bertumpukan dengan Taman Nasional Lorent.

Pemerintah akan serius menggarap blok ini karena dengan mengoptimalisasikan 20 persen dari potensi cadangan yang ada, bisa memberikan dampak positif bagi neraca ekspor impor migas dalam negeri. Terlebih lagi, kata Arifin ada fasilitas LNG di wilayah Papua Nugini yang bisa dimanfaatkan dalam rencana pengembangan. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَهُوَ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءًۚ فَاَخْرَجْنَا بِهٖ نَبَاتَ كُلِّ شَيْءٍ فَاَخْرَجْنَا مِنْهُ خَضِرًا نُّخْرِجُ مِنْهُ حَبًّا مُّتَرَاكِبًاۚ وَمِنَ النَّخْلِ مِنْ طَلْعِهَا قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ وَّجَنّٰتٍ مِّنْ اَعْنَابٍ وَّالزَّيْتُوْنَ وَالرُّمَّانَ مُشْتَبِهًا وَّغَيْرَ مُتَشَابِهٍۗ اُنْظُرُوْٓا اِلٰى ثَمَرِهٖٓ اِذَٓا اَثْمَرَ وَيَنْعِهٖ ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكُمْ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ
Dan Dialah yang menurunkan air dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma, mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya pada waktu berbuah, dan menjadi masak. Sungguh, pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.

(QS. Al-An'am ayat 99)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement