Ahad 24 Sep 2023 19:06 WIB

Orang Indonesia Mulai Sadar Siapkan Dana Pensiun Sedari Muda

Generasi yang lebih muda yakin dapat mencapai tujuan pensiunnya.

Red: Fuji Pratiwi
Anak muda Indonesia sadar untuk mulai menyiapkan dana pensiun saat masa produktif.
Foto: www.freepik.com
Anak muda Indonesia sadar untuk mulai menyiapkan dana pensiun saat masa produktif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Riset Manulife Investment Management mendapati 55 persen masyarakat Indonesia merasa bahwa mereka akan mencapai tujuan pensiunnya.

CEO & President Director PT Manulife Aset Manajemen Indonesia Afifa melalui keterangan tulis akhir pekan ini menyampaikan, ini merupakan angka tingkat kepercayaan tertinggi di antara wilayah lainnya di Asia yang disurvei (Hong Kong, Malaysia, dan Taiwan), sedangkan rata-rata Asia sebesar 41 persen. Proporsinya bahkan lebih tinggi lagi pada generasi Milenial dan Gen Z di Indonesia, masing-masing sebesar 53 persen dan 66 persen.

Baca Juga

"Hal ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa masyarakat Indonesia mulai menyisihkan dana untuk masa pensiun pada usia yang relatif lebih muda, yaitu pada usia 31 tahun, dibandingkan dengan negara lainnya di Asia (pada usia 32 tahun), dan mereka bercita-cita untuk pensiun pada usia 55 atau tiga tahun sebelum usia pensiun resmi," ungkap Afifa.

Menariknya, generasi muda sudah mulai menyisihkan untuk masa pensiun pada usia yang lebih dini (Gen Z pada usia 21 tahun dan Millenial pada usia 28 tahun) sedangkan generasi tua memulainya jauh lebih lambat (Gen X pada usia 36 tahun dan Baby boomer pada usia 42 tahun). Hal ini juga menjelaskan mengapa generasi yang lebih muda memiliki keyakinan yang tinggi dalam mencapai tujuan pensiunnya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement