Senin 25 Sep 2023 06:09 WIB

Round-up: Dayung dan Wushu Buka Keran Medali Indonesia di Hangzhou

Indonesia sementara di peringkat delapan Asian Games dengan 1 perak dan 3 perunggu.

Red: Israr Itah
Pewushu putra Indonesia Edgar Xavier Marvelo beraksi dalam babak final nomor Changquan Asian Games ke-19 tahun 2022 di Xiaoshan Guali Sports Centre, Hangzhou, Zhejiang, China, Ahad (24/9/2023).
Foto: AP Photo/Vincent Thian
Pewushu putra Indonesia Edgar Xavier Marvelo beraksi dalam babak final nomor Changquan Asian Games ke-19 tahun 2022 di Xiaoshan Guali Sports Centre, Hangzhou, Zhejiang, China, Ahad (24/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sehari setelah pembukaan Asian Games 2022 di Hangzhou, kontingen Indonesia memulai perjuangan mereka dengan meraih satu medali perak dan tiga perunggu, saat kontingen tuan rumah China langsung menunjukkan dominasinya dengan meraup 20 medali emas.

Dalam klasemen perolehan medali yang disiarkan laman resmi Asian Games Hangzhou pada Ahad (24/9/2023) hingga pukul 23.00 WIB, kontingen Indonesia yang memasang target meraih 12 medali emas dan peringkat 12 besar tersebut, untuk sementara berada di peringkat kedelapan dengan perolehan 1 perak dan 3 perunggu. Indonesia tepat berada di bawah India yang meraih 3 perak dan 2 perunggu dan berada di atas Mongolia yang meraih 1 perak dan 2 perunggu.

Baca Juga

Kontingen tuan rumah China sudah memperlihatkan dominasi mereka dengan meraih 20 emas, 7 perak, dan 3 perunggu yang menempatkan mereka di posisi teratas. Perolehan medali China terpaut sangat jauh dari peringkat di bawah mereka yang ditempati Korea Selatan di posisi kedua dengan 5 emas, 4 perak, dan 5 perunggu. Peringkat ketiga ditempati Jepang dengan 2 emas, 7 perak, dan 5 perunggu. Peringkat selanjutnya ditempati Hong Kong, Uzbekistan, dan China Taipei.

Medali pertama bagi kontingen Merah Putih pada pesta olahraga terbesar Asia yang tertunda setahun karena pandemi Covid-19 itu disumbangkan dari cabang olahraga dayung melalui Chelsea Corputty dan Mutiara Rahma Putri yang meraih perunggu pada nomor lightweight women's double sculls di Fuyang Waters Sports Centre.